Ketika menjalankan suatu bisnis, anda juga perlu memperhatikan berbagai jenis metode pembayaran yang bisa digunakan oleh para pelanggan. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepuasan dan kenyamanan pelanggan dalam melakukan transaksi pembelian produk dari bisnis usaha anda. berikut alasan mengapa anda perlu gunakan payment gateway.

Mengapa Perlu Pakai Pembayaran Gateway?

1. Keamanan Terjamin

Dengan adanya sistem pembayaran satu ini memberikan solusi aman saat melakukan transaksi di toko online. Setiap penyedia layanan gateway pembayaran memaksimalkan keamanan dengan menerapkan sistem keamanan yang sangat canggih. Jadi jangan pernah ragu untuk menggunakan sistem pembayaran gateway saat sedang menjalankan bisnis

2. Alternatif Layanan Rekening Bersama

Rekening bersama dikenal sebagai metode pembayaran untuk transaksi online yang melibatkan pembeli, penjual, dan pihak netral. Pihak netral bertanggung jawab atas rekening di mana pembeli menyimpan dana transaksi. Kemudian, setelah penjual mengirimkan barang atau menyelesaikan layanan dalam kontrak transaksi maka uang akan ditransfer ke rekening penjual.

3. Transaksi Lebih Fleksibel dan Membantu Proses Rekonsiliasi

Gateway pembayaran biasanya memiliki berbagai metode pembayaran yang bahkan mencakup hampir semua bank, sehingga memudahkan pembeli. Hal ini tentu memberikan peluang bagi pengusaha untuk menerima pembayaran dengan metode yang berbeda. Pembeli tidak dikenakan biaya administrasi yang selalu dikenakan untuk transaksi antar bank.

Perusahaan yang sehat adalah perusahaan yang memiliki pelaporan keuangan yang jelas. Hal ini terkait dengan keunggulan payment gateway yang dapat mendukung proses rekonsiliasi penjualan, terutama yang dilengkapi dengan dashboard. Semua data antara dana tercatat dan dapat diunduh dan dikelola untuk membuat laporan yang sempurna

Memahami Tahap Penggunaan Sistem Pembayaran Gateway

Tahap penggunaan gateway pembayaran pertama ini yaitu konsumen e-commerce pergi ke etalase dan memutuskan untuk membeli produk yang menawarkan opsi pembayaran. Salah satunya adalah gateway pembayaran. Pembayaran menggunakan payment gateway dapat bersifat opsional atau otomatis terpasang saat konsumen sedang atau hendak melakukan pembayaran. 

Kedua, pada langkah pertama payment gateway mentransfer informasi yang diketahui ke sumber koneksi gateway pembayaran ke pemroses pembayaran yang dipilih oleh konsumen. Misalnya, ketika konsumen memilih transaksi pembayaran melalui bank maka gateway pembayaran mengirimkan informasi ke bank yang anda gunakan untuk transaksi

Selain itu, pemroses pembayaran mengirimkan informasi tentang tampilan gateway pembayaran ke penerbit kartu seperti Visa dan Mastercard. Payment gateway tidak hanya berbasis Visa atau Mastercard, tetapi juga dapat terhubung ke bank yang bekerja dengan payment gateway masing-masing. Asosiasi Penerbit akan membalas pemroses pembayaran dalam bentuk kode khusus. 

Kode khusus ini mirip dengan OTP, tetapi hanya diketahui oleh penerbit kartu dan pemroses gateway pembayaran. Setelah menerima dan mengkonfirmasi kode pembayaran, gateway pembayaran mengubah status pembayaran konsumen menjadi dibayar. Payment gateway kemudian mentransfer informasi tersebut ke merchant dan transaksi penjualan berhasil.

Penggunaan sistem pembayaran gateway ini dirasa sangat mudah dan praktis untuk digunakan ketika melakukan suatu penjualan produk. Salah satu sistem pembayaran gateway yang bisa digunakan adalah Duitku. Dengan menggunakan sistem tersebut juga akan membuat data rekap keuangan anda lebih jelas dan terstruktur dengan baik dan tepat

 

By roket