Kayu Sonokeling – Salah satu bahan yang wajib ada dalam pembuatan sebuah furniture adalah kayu. Dimana banyak sekali kayu yang bisa digunakan untuk membuat furniture. Setiap jenis kayu selalu memiliki kelebihannya masing-masing.
Dalam dunia furniture, Batam pallet kayu jati memang sangat terkenal kepopulerannya. Namun tak hanya kayu jati saja lho. Ada juga furniture yang menggunakan jenis kayu lain seperti sonokeling. Ya meski tak sepopuler kayu jati.

Namun kayu sonokeling memang cukup banyak diminati. Bahkan sampai saat ini banyak para pengrajin furniture yang memiliki kayu sonokeling sebagai bahan dasar dalam pembuatan meja atau kursi. Nah untuk lebih jelasnya, artikel ini akan memberikan informasi seputar jenis kayu yang satu ini.

Mulai dari pengertian, ciri, manfaat, dan beberapa produk yang berhasil dibuat dari bahan dasar kayu sonokeling. Apa Itu Kayu Sonokeling
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika kayu ini memang sudah mulai populer di dunia furniture. Bagi orang awam mungkin tak begitu mengetahui apa sebenarnya kayu sonokeling itu. Sebab memang orang lebih mudah mengenal kayu jati dibandingkan kayu sonokeling.

Meski begitu tetap saja Anda juga membutuhkan informasi lebih lengkap tentang kayu sonokeling ini. Mungkin saja setelah membaca beberapa penjelasan pada artikel ini, Anda lebih bisa menjadikan kayu sonokeling sebagai alternatif lain selain kayu jati.

Kayu sonokeling sendiri adalah salah satu jenis kayu keras. Berat dari kayu sonokeling berada di kisaran 0.77 hingga 0.86. Dimana dari berat tersebut terdapat kurang lebih sekitar 15 persen kandungan air. Jika dilihat secara teksturnya, kayu sonokeling memiliki bentuk yang cukup halus.

Alur dari serta yang ada pada kayu sonokeling ada yang lurus, namun juga ada yang berbentuk gelombang. Lalu jika dilihat berdasarkan warna sebenarnya cukup beragam. Pasalnya kayu sonokeling ada yang memiliki warna pada bagian tengah adalah coklat kehitaman.

Namun ada juga yang berwarna coklat tua atau bahkan ada yang berwarna loreng, tergantung dari kondisi kayu sonokeling tersebut. Kebanyakan budidaya kayu sonokeling ini adalah di area sekitar Jawa. Tak heran jika ingin mencari kayu sonokeling lebih mudah di pulau Jawa dibandingkan daerah lainnya.

Teknik pengolahan yang bisa diterapkan pada jenis kayu sonokeling ini sebenarnya juga cukup beragam. Pasalnya kayu sonokeling bisa diolah dengan sentuhan plitur. Selain itu kayu sonokeling juga bisa diolah dengan sistem bubut.

Dengan dua teknik pengolahan kayu sonokeling tersebut membuat hasil jadi seperti furniture terlihat begitu mewah atau bahkan tampak begitu sempurna. Menariknya kayu sonokeling juga bisa lho mengikat sekrup dengan cukup baik.

Memiliki ketebalan yang cukup besar membuat kayu sonokeling lebih mudah diolah dengan bantuan mesin. Ciri-Ciri Kayu Sonokeling
Membahas kayu sonokeling tak lengkap rasanya jika menjelaskan ciri-ciri dari kayu tersebut. Meski terlihat sama, namun kayu sonokeling memang memiliki ciri yang membedakan dengan jenis kayu lainnya.

Lalu apa saja sih sebenarnya ciri yang dimiliki oleh kayu sonokeling. Berikut adalah penjelasan selengkapnya terkait dengan beberapa ciri kayu sonokeling.

1. Warna Hitam
Ciri yang pertama dari kayu sonokeling adalah warna yang diberikan. Jika kebanyakan warna kayu adalah coklat bahkan sedikit kekuningan. Namun berbeda dengan warna kayu sonokeling.

Dimana warna yang ditampilkan oleh kayu sonokeling adalah hitam khas. Bahkan warna hitam yang dimiliki oleh kayu sonokeling terbilang cukup membuatnya menjadi tampil lebih elegan dibandingkan kayu jenis lainnya.

Selain itu warna hitam yang ditampilkan oleh kayu sonokeling ini jika dipadupadankan dengan urat kayu terlihat semakin eksotis. Tak heran jika kayu sonokeling kerap kali dibandrol dengan harga yang terbilang cukup mahal.

Sebab dilihat dari segi warna saja sudah begitu menakjubkan. Banyak juga lho para pengrajin yang memanfaatkan kayu sonokeling sebagai bahan kerajinan yang dibuatnya. Salah satu alasannya adalah warna khas yang ditampilkan serta sifat keras yang diberikan oleh kayu sonokeling tersebut.

2. Tekstur Keras
Selain warna hitam khas dari kayu sonokeling. Ternyata jika dilihat dari tekstur juga bisa menjadi ciri tersendiri lho. Pasalnya tekstur yang dimiliki oleh kayu sonokeling terbilang cukup keras. Banyak yang beranggapan jika dengan tekstur keras yang dimiliki oleh kayu sonokeling bisa bertahan cukup lama ketika dimanfaatkan.

Dengan tekstur yang cukup keras tersebut membuat kayu sonokeling kerap digunakan untuk bahan dasar banguan atau dalam dunia persenjataan seperti untuk popor senjata. Selain itu tak jarang juga para pengrajin menggunakan kayu sonokeling ini dalam pembuatan furniture seperti kursi dan meja.

Jika di daerah Jawa, kayu sonokeling kerap kali digunakan sebagai tiang penyangga rumah joglo asli.
3. Gubal Kayu Bisa Dimanfaatkan
Tak semua jenis kayu bagian kepalanya bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain lho. Namun berbeda cerita untuk kayu sonokeling. Dimana gubal dari kayu sonokeling bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan.

Salah satunya adalah gubal kayu sonokeling yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan pembuatan kerajinan dengan ukuran yang lebih kecil. Contoh lain dari pemanfaatan gubal kayu sonokeling adalah seperti pembuatan sendok, garpu dan piring.

Dimana beberapa peralatan makan yang terbuat dari gubal kayu sonokeling bisa memberikan kesan klasik. Selain itu bisa juga lho gubal kayu sonokeling digunakan untuk pembuatan souvenir pernikahan.

Namun satu hal yang perlu Anda ketahui dari kayu sonokeling adalah sifatnya yang begitu ramah lingkungan.

4. Anti Serangan Rayap Maupun Jamur
Salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh kayu sonokeling adalah anti rayap dan anti jamur. Cukup menarik bukan, pasalnya dengan warna dan kekuatan yang begitu keras sudah bisa memberikan nilai plus untuk kayu sonokeling.

Batam pallet Apalagi ditambah dengan kelebihan anti serangan rayap maupun jamur membuat kayu sonokeling terbilang cukup istimewa dikelasnya. Dimana setiap kayu yang mudah terserang jamur dan juga rayap akan lebih mudah rapuh.

Namun hal tersebut tidak berlaku untuk kayu sonokeling. Dengan kelebihan yang anti rayap dan anti jamu banyak para pengrajin menjadikan kayu sonokeling sebagai bahan dasar pembuatan alat musik seperti gitar.

Tak hanya itu saja, pasalnya kayu sonokeling juga bisa memberikan sentuhan warna dan suara yang cukup bagus. Tak menyangka bukan jika gitar yang selama ini Anda gunakan juga terbuat dari bahan dasar kayu sonokeling.

5. Berta yang Menyerupai Logam
Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika kayu sonokeling kerap digunakan dalam dunia persenjataan. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya jika dilihat berdasarkan beratnya. Kayu sonokeling memiliki berat yang setara dengan logam.

Tak hanya itu saja, dalam dunia otomotif kayu sonokeling kerap dijadikan bahan dasar interior mobil lho. Beberapa merk mobil yang sudah menggunakan kayu sonokeling sebagai bahan baku interiornya adalah Mercedes Benz.

Itulah beberapa ciri yang dimiliki oleh kayu sonokeling. Tentunya masih banyak yang bisa dikupas lebih tuntas tentang kayu sonokeling ini. Manfaat Kayu Sonokeling
Memiliki karakteristik yang cukup unik mulai dari warna hitam khas hingga berat yang menyerupai logam membuat kayu sonokeling banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Sebenarnya seperti kayu pada umumnya manfaat yang diberikan.

Namun meski dibuat untuk hasil jadi yang sama. Akan tetapi kekuatan dan juga segi artistik tetap saja kayu sonokeling bisa memiliki nilai tersendiri. Maka dari itu tak heran jika kayu sonokeling sampai saat ini masih tetap banyak digunakan untuk bahan furniture maupun keperluan persenjataan. Contoh Benda dari Kayu Sonokeling
Pada poin manfaat kayu sonokeling sudah dijelaskan secara singkat. Namun mungkin penjelasan tersebut terbilang kurang memenuhi apa yang Anda butuhkan. Maka dari itu akan dijelaskan secara lebih rinci beberapa contoh benda yang terbuat dari kayu sonokeling pada poin ini.

Berikut ini adalah beberapa contoh benda yang terbuat dari bahan dasar kayu sonokeling
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika salah satu kelebihan yang dimiliki oleh kayu sonokeling adalah sifatnya yang begitu keras. Bahkan kayu sonokeling juga tergolong sebagai kayu yang memiliki ketahanan yang begitu lama.

Dengan beberapa kelebihan tersebut tak jarang lho para pengrajin membuat sebuah furniture menggunakan bahan dasar kayu sonokeling. Menariknya kayu sonokeling juga tahan akan serangan rayap maupun jamur.

Jadi cocok sekali untuk pembuatan sebuah furniture seperti kursi maupun meja. Selain itu jika dilihat ke beberapa tahun kebelakang penggunaan kayu sonokeling kerap kali dijadikan sebagai tiang penyangga rumah ada seperti joglo.

sumber: https://batamkayu.com/batam-pallet/

By macdi