Cara Mengurus Izin Gangguan Ho

Memahami Teks Komentar

Teks ulasan atau teks ulasan adalah teks yang berisi penilaian kritis, sebagai bentuk informasi, berkenaan dengan calon pembaca atau penikmat suatu karya, seperti film, esai, buku, atau bahkan produk, dll. Karena sifatnya memberikan pertimbangan berupa rekomendasi atau pendapat subjektif, setelah membaca teks resensi, seseorang akan membatalkan niatnya dalam beberapa kemungkinan, antara lain apakah akan membaca/melihat/melihat karya atau sebaliknya.

 

Dapat dikatakan bahwa teks ulasan disebut juga teks ulasan. Sebuah tinjauan teks diperlukan sebagai bentuk dukungan kami untuk berbagai pekerjaan dengan anak-anak di tanah air. Selain itu, teks ulasan biasanya ditulis dalam bentuk artikel ulasan.

Baca Juga : contoh karya ilmiah

Fitur Teks Komentar

 

  1. Teks ulasan memiliki struktur orientasi, penjelasan, ringkasan dan evaluasi.
  2. Teks berisi informasi tentang pendapat penulis, yang didasarkan pada fakta berdasarkan karya atau produk.
  3. Teks ulasan dapat juga disebut sebagai teks ulasan.

 

 

Tinjau target teks

Teks komentar memiliki beberapa tujuan, antara lain

  1. Tunjukkan konsistensi pengarang dengan karyanya. Contohnya saja film terbaru “Tilik” yang menjadi trending topic di berbagai media sosial. Dari karya ini, muncul berbagai teks ulasan pro dan kontra.
  2. Mendeskripsikan penilaian karya berdasarkan kriteria atau acuan tertentu. Meski begitu, ketika mengomentari karya, bukan berarti tidak ada aturannya. Oleh karena itu, teks ulasan juga menilai setiap pembaca: baik atau buruk.
  3. Memberikan bantuan kepada pembaca berupa gambaran umum karya. Pada umumnya orang mencari berbagai sumber tentang teks ulasan sebelumnya
  4. Memberikan pembaca informasi umum tentang karya tersebut. Secara umum, pembaca mendapatkan beberapa informasi setelah membaca teks ulasan yang secara tidak sadar tidak mereka dapatkan.
  5. Memberikan kesempatan kepada pembaca untuk mendiskusikan karya yang diulas. Teks ulasan mengajak pembaca untuk terlibat dalam diskusi yang lebih mendalam setelah membaca teks ulasan. Dengan cara ini, argumen dapat dipertukarkan sehingga sebuah karya dapat dilihat dari semua sisi.

 

 

Jenis teks komentar

Ada beberapa jenis teks komentar, antara lain:

  1. Teks komentar yang informatif

Dalam teks ulasan jenis ini, tujuan mendeskripsikan suatu karya atau produk adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca. Umumnya, jenis teks ulasan ini hanya menggambarkan gambaran umum sebuah karya, yang dapat dinilai dari bahasa yang digunakan, singkat dan to the point. Selain itu, teks ulasan informatif sering kali berfokus pada kekuatan dan kelemahan karya atau produk daripada ulasan yang lebih rinci.

 

  1. Teks komentar deskriptif

Objek teks deskriptif biasanya adalah karya sastra. Ini karena karya sastra perlu memuat komentar deskriptif yang paling jelas agar pembaca dapat memahami sepenuhnya.

  1. Teks ulasan kritis

Jika sebuah karya atau produk ingin dikritik dari sudut tertentu, maka teks ulasan ini masuk akal. Sebagai catatan tambahan, penulis memanfaatkan kekuatan analisis secara objektif daripada objektif. Artinya, teks ulasan kritis tidak memihak kepada siapa pun dan dapat digunakan sebagai referensi untuk suatu karya atau produk tertentu.

Lihat struktur teks

Agar menjadi teks ulasan yang baik, struktur teks ulasan meliputi:

  1. Orientasi

Bagian ini memberikan gambaran umum tentang karya atau produk, seperti informasi dasar dan konten lain yang dapat ditambahkan ke gambaran keseluruhan. Selain itu, penulis memberikan gambaran tentang apa yang akan diulas.

 

  1. Interpretasi

Bagian ini meninjau topik yang diusulkan secara rinci. Secara umum, pembahasannya adalah tentang kekuatan, keunikan, kualitas, dan lain-lain dari karya atau produk tersebut.

  1. Evaluasi

Pada bagian ini, penulis mengungkapkan semua pendapatnya tentang karya atau produk yang diresensi. Sebelum memasuki link evaluasi, tentunya penulis melakukan interpretasi mendalam terhadap karya atau produk tersebut. Hal ini karena penulis akan menuliskan kelebihan dan kekurangannya.

  1. Ringkasan

Bagian ini adalah bagian terakhir dari teks ulasan. Pada bagian ini, penulis menarik kesimpulan dari review karya atau produk. Ini juga biasanya di mana penulis akhirnya menilai apakah karya tersebut dapat dilihat, dan produk: apakah direkomendasikan untuk digunakan.an dan kelebihannya.