1. Ketahui tujuan dan apa yang ingin Anda capai. 

Tidak perlu tahu persis rencana ide kreatif apa yang Anda inginkan, tetapi Anda perlu mengetahui tujuan Anda sebelum menggunakan jasa creative agency. Semakin jelas tujuan Anda, semakin mudah bagi creative agency Anda untuk menemukan solusi kreatif.

Tentu saja, jika Anda meminta agensi untuk memandu strategi Anda karena Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan, tidak apa-apa. Anda tidak mau untuk mendekati agensi yang sama sekali tidak tahu apa yang Anda butuhkan.

 

2. Cari seseorang di industri Anda

Banyaknya creative agency indonesia di luar sana membuat Anda perlu menemukan seseorang yang memiliki spesialisasi di industri tertentu. Dengan pengetahuan mendalam mereka tentang industri dan lanskap, mereka dilengkapi dengan baik untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, mintalah rekomendasi dari kolega dan teman Anda. Masih belum yakin? Coba Googling lebih dalam. Berkat kecanggihan teknologi, kolaborasi tidak lagi sesulit dulu, jadi jangan biarkan hal itu menghalangi Anda mendapatkan agensi yang tepat.

 

3. Lihat hasil yang sudah mereka capai

Agensi yang baik tentu memiliki portofolio yang sehat, alias memiliki banyak pengalaman. Saat Anda meninjau hasil pekerjaan dan daftar klien mereka, Anda dapat menganalisis gaya, keterampilan, dan pendekatan kreatif mereka.

Idealnya, mereka telah bekerja dengan orang-orang di industri Anda atau menjalankan jenis kampanye yang Anda cari. Namun, jika Anda tidak melihat apa yang Anda cari tetapi cocok dengan nada dan gaya mereka, menghubungi mereka untuk diskusi lebih lanjut bisa jadi jawabannya.

 

4. Cari tahu apakah mereka tidak sungkan berbagi keahlian mereka. 

Sebuah organisasi yang baik semestinya tidak sungkan untuk berkontribusi dalam meningkatkan industri mereka. Dengan demikian, mereka harus menunjukkan keahlian mereka dengan cara lain, seperti blog, artikel, buku, kontribusi, atau fitur dalam publikasi industri. Kesediaan untuk berbagi keahlian dan ilmu mereka—dan menjadi peserta aktif di bidangnya—selalu merupakan indikator yang baik bahwa mereka berpengetahuan luas dan percaya diri dalam pekerjaan mereka.

 

5. Lihat konten yang sudah mereka produksi

Pertimbangkan bagaimana mereka menampilkan diri melalui konten mereka sendiri. Tinjau situs dan kehadiran sosial mereka untuk mengetahui kepribadian mereka, siapa tim mereka, apa nilai-nilai mereka. Anda ingin bekerja dengan orang yang Anda klik, tentu saja, tetapi Anda juga ingin memastikan bahwa Anda bekerja dengan orang-orang yang mempraktikkan apa yang mereka klaim.

By toha