Sejarah DENNIS RITCHIE MACALISTAIR

Dennis Ritchie MacAlistair lahir di Bronxville, New York, pada 9 September 1941, dan dibesarkan di New Jersey, di mana ayahnya, Alistair Ritchie, bekerja sebagai seorang insinyur sistem switching untuk Bell Laboratories.

Ibunya,bernama Jean McGee Ritchie, seorang ibu rumah tangga. Ritchie pergi ke Harvard University, di mana ia menerima gelar BS dalam Fisika pada tahun 1963. Namun, ia menghadiri kuliah pada operasi sistem komputer Harvard, memimpin dia untuk mengembangkan minat dalam komputasi di awal tahun 1960.

Setelah itu, Ritchie menghabiskan cukup banyak waktu di dekat Massachusetts Institute of Technology (MIT), di mana banyak ilmuwan yang mengembangkan sistem komputer dan perangkat lunak.

Pada tahun 1967 Ritchie mulai bekerja untuk Bell Laboratories. Pekerjaan Ritchie semakin meningkat hubungannya dengan dunia pemrograman, dan di akhir 1960-an ia mulai bekerja dengan Departemen Riset Ilmu Komputer di Bell.

Penemuan Dennis MacAlistair Ritchie

Dennis MacAlistair Ritchie (9 September 1941 – 12 Oktober 2011) adalah seorang ilmuwan komputer yang dikenal atas sumbangsihnya membuat bahasa pemrograman C dan berbagai sistem operasi seperti Multics dan Unix. Ritchie menerima penghargaan Turing Award pada tahun 1983 dan National Medal of Technology 1998 pada 21 April 1999.

Ritchie dikenal sebagai pembuat bahasa pemrograman C, pengembang utama sistem operasi, dan sebagai salah satu dari penulis (bersama Brian Kernighan) buku “kamus bahasa C,” The C Programming Language.

Dampak Dari Penemuan

Dampak dari penemuannya adalah bahasa pemograman c kini sudah banyak digunakan oleh masyarakat secara luas karena mudah dipahami dalam program aplikasi dan sistem operasi. Sedangkan sistem operasi unix dapat digunakan oleh lebih dari satu pengguna dan melakukan banyak proses secara bersamaaan.

Kepergian Dennis Ritchie

Dennis Ritchie ditemukan meninggal dunia pada 12 Oktober 2011 dalam usia 70 tahun, di rumah yang ditinggalinya sendiri, di Berkeley Heights, New Jersey. Berita kematiannya diketahui pertama kali dari seorang mantan koleganya, Rob Pike.

Penyebab dan waktu kematian belum diketahui secara pasti. Ritchie diketahui berada dalam kondisi kesehatan yang lemah sejak beberapa tahun lalu setelah menjalani pengobatan kanker prostat dan penyakit jantung.

Baca Juga : Cara Screenshot Hp Samsung Galaxy S4