cara membersihkan earphone

Earphone adalah alat elektronik yang butuh “pasangan.” Artinya, earphone tidak bisa bekerja secara mandiri. Alat ini bekerja jika ada “pendamping” seperti smartphone, laptop, pemutar MP3, dan lain sebagainya. Bentuknya yang mungil dan praktis membuat perangkat ini tergolong populer, apalagi tipe yang memiliki bantalan headset yang tergolong nyaman di telinga.

Menggunakan earphone memang mengasyikan. Hanya saja perlu diingat, penggunaan earphone terlalu lama akan berdampak kurang baik. Anda yang suka memakai earphone sebaiknya mulai mengurangi intensitas penggunaan selama lebih dari 4 jam berturut-turut.

Kenapa tidak boleh menggunakan earphone terlalu lama? Selain berbahaya bagi kesehatan telinga, earphone juga rentan terkena kuman. Dan, pemakaian earphone juga bisa menyebabkan banyak kotoran menempel di earphone yang jarang disadari oleh penggunanya, barangkali termasuk Anda.

Cara Membersihkan Earphone / Headset

Menggunakan Cairan Desinfektan

Sejak kapan temen-temen tau kalo disinfektan bisa untuk membersihkan headset?

Ada baiknya membersihkan earphone dari bakteri atau kotoran menggunakan cairan disinfektan yang menempel. Cara membersihkannya bisa menggunakan cairan desinfektan, cairan berbahan kimia yang mencegah timbulnya infeksi.

Cara nya adalah cairan desinfektan ini dicampur dengan air hangat dengan kombinasi 30% cairan desinfektan dan 70% air hangat, jadi tidak dibersihkan secara langsung dengan cairan desinfektan.

Membersihkan Kabel Earphone dengan Kayu Putih

Penasaran bagaimana caranya? Simak disini

Ternyata membersihkan kabel menggunakan kayu putih tergolong ampuh untuk mengangkat kotoran yang menempel pada kabel, lho.

Memang cara ini tidak akan terlalu mengembalikan warna putih seperti ketika temen-temen membeli headset pas pertama kali. Tapi setidaknya akan mengurangi warna kuning pada earphone.

Cara nya bisa dilakukan secara sederhana. Temen-temen cukup menyiapkan kapas yang sudah diberi minyak kayu putih. Setelah itu, tinggal menggosok pada bagian kabel yang kotor. Temen-temen bisa melakukan hal ini sampai kabel tampak terlihat putih kembali.

Membersihkan Dengan Cotton Buds

Untuk pembersihan maksimal setelah menggunakan cara sebelumnya, gunakan cotton buds untuk menghilangkan kotoran sela-sela lubang headset.

Pembersihan ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan tusuk gigi. Tentunya agar lubang-lubang pada earphone bisa lebih bersih dan terbebas dari kotoran.

Membersihkan Kabel Earphone Dengan Penghapus

Hah penghapus bisa untuk membersihkan earphone? Bisa dong!

Selain untuk menghapus tulisan pensil di kertas, penghapus pensil juga memiliki banyak manfaat, lho.

Penghapus ternyata mampu membersihkan kabel earphone dengan mudah.

Caranya cukup menggosokan penghapus ke bagian kabel untuk menghilangkan noda di kabel earphone. Satu lagi, penghapus juga sering digunakan untuk membersihkan memori RAM komputer lho.

Membersihkan Dengan Penghilang Cat Kuku

Penghilang cat kuku ternyata juga efektif dalam membersihkan earphone, lho. Penghilang cat kuku ini bisa membuat kabel earphone tampak lebih bagus dan bebas dari kotoran.

Bagaimana caranya ?

Cara menggunakannya juga mudah, temen-temen tinggal gosokan penghilang cat kuku dengan menggunakan kapas. Gosok secara lembut untuk mendapatkan hasil yang baik.

Menggunakan penghilang cat kuku tidak hanya untuk kabel earphone warna putih tapi juga bisa digunakan untuk kabel earphone warna lainnya.

Baca Juga : Cara Screenshot Hp Samsung Galaxy S5

By Drajad