Ketika Anda memiliki pengetahuan dan pengalaman yang memadai di bidang IT, menjadi seorang programmer tentu saja cukup mudah. Namun, bagi Anda yang baru memulai, penting untuk dicatat bahwa menguasai coding bukanlah satu-satunya syarat untuk mengembangkan program atau aplikasi yang bermanfaat. Jika Anda ingin menjadi seorang programmer, Anda harus memiliki setidaknya beberapa keahlian yang tercantum di bawah ini.

1. Perencanaan
Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah membuat persiapan untuk pengembangan perangkat lunak dan merencanakannya. Perencanaan akan memungkinkan proyek perangkat lunak untuk memiliki lebih banyak fokus mereka sendiri, yang pada gilirannya akan memungkinkan Anda untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang harus dilakukan nantinya.
Anda juga dapat memperkirakan banyak kendala yang muncul selama proses pengembangan perangkat lunak jika Anda mempersiapkan semuanya dengan baik.

2. Pembuatan Model
Hal berikutnya yang perlu Anda pahami jika ingin menjadi seorang programmer adalah Anda jelas harus bisa mendesain. Akan sangat penting untuk memikirkan tentang mengembangkan perangkat lunak atau aplikasi yang memiliki antarmuka pengguna yang sederhana dan mudah dioperasikan oleh pengguna nantinya.
Tentu saja, memiliki keahlian ini membuat Anda lebih dipercaya di dalam perusahaan, khususnya di bidang teknologi informasi, dan terlebih lagi jika aplikasi yang dimaksud adalah aplikasi yang memiliki banyak pesaing. Apalagi misalnya, Anda sedang mengembangkan aplikasi untuk orang yang menggunakan smartphone.

3. Kemudahan Modifikasi
Seorang programmer juga dituntut untuk secara konsisten memunculkan ide-ide baru dan menyegarkan keterampilan mereka. Anda diharapkan memiliki kapasitas untuk mengubah atau memodifikasi konten secara kreatif untuk menghasilkan fitur tambahan untuk aplikasi atau program yang sedang dikembangkan. Selain itu, kemajuan teknologi terus dibuat, dan sehingga penting bagi Anda untuk tetap mengetahui banyak perkembangan terbaru.
Akan sulit bagi Anda untuk bertahan di dunia teknologi informasi jika Anda tidak mengikuti terobosan-terobosan teknis terkini.

4. Deteksi Kesalahan
Tak perlu dikatakan bahwa akan ada sesuatu yang disebut sebagai kesalahan dan debug saat mengerjakan suatu program. Untuk mencapai ini, Anda harus terampil mengevaluasi debug dan kesalahan yang muncul secara logis. Dengan cara ini, Anda memiliki akses ke berbagai alternatif yang dapat membantu membangun aplikasi yang lebih tepercaya. Saat digunakan sekarang serta di masa depan, aplikasi atau program yang dapat diandalkan tidak akan cepat rusak.

5. Mampu Membuat Program Lebih Mudah Dipahami
Pemrogram harus dapat menyederhanakan kode yang mereka tulis untuk mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk melaksanakan tugas-tugas yang terlibat dalam pembuatan aplikasi perangkat lunak atau program komputer. Ini adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang programmer. Anda harus dapat membuat program lebih mudah digunakan, terutama jika Anda mengerjakan proyek besar pada waktu yang bersamaan.
Saat ini, Anda juga dapat menerima bantuan dengan instrumen untuk melakukan usaha besar maupun kecil. Pengembangan perangkat lunak baru dapat dipercepat dengan penggunaan alat-alat ini.

Anda yang tertarik untuk mencari lowongan kerja programmer dan sudah memiliki keterampilan yang diperlukan harus benar-benar melihat peluang kerja yang diposting di Nextgen. Anda wajib melakukannya. Anda juga dapat mengambil kursus pemrograman online di sini, di mana Anda akan belajar coding sambil mengerjakan berbagai proyek aplikasi.

By mirfan