Elemen Debat – Suatu kegiatan dapat dianggap debat jika memiliki unsur-unsur berikut:

elemen debat

  1. Gerak

Mosi adalah diskusi atau topik yang akan diperdebatkan dan bersifat tradisional. Sebuah mosi sangat dibutuhkan karena ada pro dan kontra dalam perdebatan tersebut.

  1. Debat harus mendapat persetujuan atau persetujuan atas usul yang diajukan. Profesional akan dapat berbicara terlebih dahulu tentang alasan mereka untuk mendukung pernyataan dalam mosi.
  2. Selain pihak yang mendukung, ada juga pihak yang menentang atau menentang usul yang diajukan. Pihak lain akan membantah pernyataan dari pihak yang setuju.
  3. Sebagai penengah antara pendukung dan penentang, debat harus memiliki sisi netral atau pihak yang tidak mendukung siapa pun dan tidak bias.
  4. Debat harus memiliki moderator yang bertanggung jawab untuk memimpin dan mengelola debat. Debat aturan dan peraturan, memperkenalkan para pihak dan mengkomunikasikan mosi yang akan diusulkan moderator.
  5. Debat juga harus memiliki peserta debat yang kemudian berhak atas keputusan akhir dengan dewan juri. Dalam beberapa debat, peserta tidak dilibatkan dalam menentukan keputusan akhir. Namun, jika pemungutan suara diperlukan, peserta biasanya dihitung sebagai suara.
  6. Unsur terakhir adalah adanya penulis atau perekam peristiwa yang tugasnya merekam hal-hal yang berkaitan dengan perdebatan yang sedang berlangsung. Misalnya mosi debat, pernyataan moderator, pengajuan dari masing-masing tim atau partai, dan hasil keputusan akhir.

Fitur Debat

Debat memiliki beberapa ciri, sebagai berikut:

Baca Juga : https://bit.ly/3wlrera

  1. Adanya partai politik dalam debat yang dapat memandu jalannya debat. Biasanya orang yang melakukan tugas ini adalah moderator.
  2. Hasil akhir atau kesimpulan debat dapat diperoleh dengan pemungutan suara dalam debat atau keputusan juri.
  3. Ada dua sudut pandang, pro dan kontra.
  4. Melakukan kampanye untuk mengadukan suatu pernyataan atau argumentasi untuk mendapatkan kemenangan satu pihak.
  5. Adanya proses untuk bisa saling mempertahankan argumentasi antara kedua belah pihak yang saat ini sedang memperdebatkan pro dan kontra.
  6. Di beberapa segmen, ada sesi tanya jawab antara pihak debat yang dipimpin oleh moderator.

Nah, itulah informasi mengenai unsur dan ciri-ciri debat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi tentang unsur-unsur dan ciri-ciri debat.

Sumber : rivierapublishing.id