Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Benar dan Mudah | Popmama.com

Hari lebaran memang sudah sangat dekat, saat hari ini tiba warga yang tinggal di negara Indonesia memiliki beberapa tradisi lebaran yang biasa mereka lakukan. Salah satu yang sangat khas adalah menjalin silaturahmi.

Selain itu ada tradisi yang sering di lakukan saat menjelang lebaran ini adalah mudik ke kampung halaman. Hal ini sering sekali dilakukan oleh warga yang tinggal di daerah perantauan. Untuk lebih lengkapnya yuk kita bahas beberapa tradisi lainnya.

  • Mudik

Mudik ini merupakan sebuah tradisi yang cukup menakjubkan, di Indonesia sendiri banyak sekali masyaratat yang mudik di musim lebaran tiba.  puluhan juta prang menyerangi pulau di waktu yang bersamaan. Di negara Indonesia mudik ini jadi salah satu aktivitas yang paling besar. Bagi orang yang bekerja di dunia perantauan mudik ini adalah salah sati mepmen yang cocok untuk pulang ke rumah. Saat mudik kita ini bisa berkumpul dengan keluarga yang ada di kampung.

  • Halal Bihalal

Saat ini memang dunia sudah semakin canggih dengan adanya gadget dan juga hanphone. Kita ii bisa melakukan silaturahmi secara online dengan mengirimkan ucapan selamat hari lebaran untuk teman, saudara, dan juga anggota keluarga lainnya. Cara yang satu ini bagi beberapa orang di rasa kurang afdol karena sesuai tradisi yang ada halal bihalal ini dilakukan dengan saling mengunjungi tempat satu sama lain dan saling memafkan.

  • Takbir Keliling

Hari lebaran memang selalu di sambut dengan kumandang takbir, hal ini menandaan sebuah kemenangan setelah melakukan puasa penuh. orang- orang ini akan turun ke tengah jalan untuk berkeliling, bisa menggunakan kendaraan atau bisa juga berjalan kaki. Kegiatan yang satu ini memang sangatlah menyenangkan karena jadi salah satu monen juga yang sangat di nantikan.

  • Menabuh Bedug

Kumandang dari takbir di malam lebaran tidak lengkap jika tidak diiringi dengan tabuhan dari bedug. Tabuhan ini dapat membuat suasana lebaran menjadi lebih gembira dan haru. Suara takbir ini akan terdengan hingga pagi hari pada saat lebaran. Saat hari ini tiba semua masjid yang memiliki bedug akan menabuhnya sambil mengemakan takbir untuk menyambut hari kemenangan. Tradisi ini memang sudah jadi symbol dari hari lebaran, jadi tidak terlalu heran jika bedug ini dijadikan ikon untuk mengambarkan lebaran.

  • Ketupat

Saat lebaran tiba ketupat adala sebuah hal yang tidak bisa terlepas. Makanan yang biasa ada saat lebaran ini memang sangat enak jika disantap dengan menggunakan semur daging, rending daging, opor ayam, atau berbagai menu lainnya. Setiap daerah memiliki bentuk yang beda-beda, walaupun begitu hidangan ini tidak akan pernah terlewat. Menyantap ketupat ini memang sangat enak ketika selesai melakukan solat ied.

  • Saling Berkirim Makanan

Tradisi yang satu ini dikenal oleh para masyarakat Sumatra dengan nama hantaran. Tapi bukan hanya daerah Sumatra saja, hampir seluruh warga indonesia tidak asing dengan tradisi yang satu ini. Tradisi ini bisa kita berikan kepada tetanggan, keluarga, kerabat, dan mereka orang yang kurang beruntung. Dari tradisi yang satu ini juga bisa membuat kita bisa menjalin silaturahmi sambil berbagi. Beberapa daerah biasanya melakukan tradisi  yang satu ini beberapa hari sebelum hari lebaran tiba.

Nah itu dia beberapa tradisi lebaran yang sering di lakukan oleh para warga negara Indonesia. terimakasih sudah membaca artikel ini hingga selesai, semoga informasinya bisa bermanfaat.

By sartika