Penyakit ringan termasuk flu, demam, batuk, dan lain-lain sering membeli obat di apotek sebagai tempat pertama untuk pasien yang membutuhkan layanan medis. Internet, di sisi lain, telah mengubah kebiasaan belanja kita dari waktu ke waktu. Anda mungkin telah mengamati bahwa semakin banyak orang yang memilih untuk membeli secara online akhir-akhir ini.

Karena pergeseran kebiasaan konsumen ini, apotek juga terpengaruh. Jutaan orang sekarang beralih ke internet untuk membeli obat-obatan dan barang-barang perawatan kesehatan, serta untuk mencari nasihat medis.

Selama lebih dari satu abad, model bisnis ritel sebagian besar tetap tidak berubah. Apotek daring telah muncul sebagai hasil dari kekuatan internet, yang menyediakan pilihan baru bagi pelanggan dan tingkat kendali yang lebih besar atas kesehatan dan kesejahteraan mereka sendiri.

Maka, sebagai respon atas permasalahan tersebut, semakin banyak apotek tradisional yang membuka layanan farmasi online. Apotik online juga menawarkan promosi-promosi yang tidak bisa didapatkan melalui apotik toko fisik. Promosi harga ini membuat kecenderungan pandangan orang bahwa membeli obat di apotik online lebih murah. Apotik online murah ini mengubah cara membeli masyarakat dari membeli obat yang lebih mahal di apotik toko fisik kepada membeli obat secara online.

Semakin banyak orang yang beralih ke internet untuk membeli dan menjual obat-obatan. Apotek online menjadi semakin populer sebagai akibat dari meningkatnya penggunaan layanan ini. Hal ini terjadi karena banyaknya keuntungan yang diperoleh pelanggan dari penggunaan apotek online.

Apotik online memberikan kemudahan bagi konsumen atau pasien yang harus berdiam diri di rumah untuk membeli obat sendiri dan diantar langsung ke depan pintu rumah.

Apotek online juga memudahkan kita untuk mendapatkan obat-obatan tertentu yang sulit didapatkan di daerah tempat tinggal kita, berkat apotek online. Apotek daring adalah pilihan yang bagus jika Anda tidak punya waktu untuk mengunjungi apotek atau berjalan-jalan di kota untuk mencari obat tertentu.

Ada apa di balik lonjakan permintaan apotek online? Ini dimungkinkan berkat sejumlah elemen. Namun, fakta bahwa semakin banyak orang yang beralih ke internet untuk membantu mereka mengelola kesehatan dan kesejahteraan mereka dapat mempengaruhi pertumbuhan penggunaan layanan apotek online. Semakin banyak orang yang mencari di internet untuk saran dan pengobatan kesehatan.

Tentunya apotek harus diatur oleh pemerintah sebagai tempat penjualan obat-obatan dan produk kesehatan lainnya. Oleh karena itu, pada 9 April 2020, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia mengeluarkan peraturan nomor 8 tahun 2020 yang mengatur pengawasan obat dan makanan secara online.

By mirfan