Makin lama belajar psikologi, aku jadi makin sadar jika pengetahuan itu sebagai suatu hal yang tidak dapat dijauhi. Nyaris tiap hal di bumi ini dapat dihubungkan dengan pengetahuan psikologi.

9 Referensi Manga dengan Topik Psikologi!

Implementasi dan ide dari pengetahuan itu jadi gampang dijumpai dalam semua faktor kehidupan. Bahkan juga ide yang serupa digunakan saat membuat narasi fiksional itu mulai disukai oleh remaja-remaja di penjuru dunia. Berikut sejumlah referensi manga psikologi dariku!

Table of Contents

– 1. Dr Frost
– 2. From Now On We Begin Ethics
– 3. I Sold My Life for 10K Yen Per Year
– 4. Frieren: Beyond Journey’s End
– 5. BERSERK
– 6. Boys Abyss: Suicide Ideation Warning
– 7. Homunculus
– 8. My Broken Mariko
– 9. Oyasumi Punpun
– Kata-Kata Penutup

1. Dr Frost

Sumber : webtoons.comDr Frost sebagai narasi webtoon mengenai psikologi, Ia figur psikiater yang brilian. Dapat disebutkan jika dianya seperti Sherlock Holmes tapi masuk jalur psikologi. Dr Frost memakai pengetahuan psikologisnya dan filosofinya untuk pecahkan teka-teki dan masalah psikis yang dipunyai manusia.

Jadilah saksi riil kehidupan Dr Frost yang jalani kesehariannya sebagai detektif yang memakai pengetahuan psikologi untuk pecahkan kasusnya. Dari memakai pengetahuan CBT dan Ujian Psikologi riil untuk mengobati masalah psikis, dan lain-lain.

Mengapa saya merekomendasikan webtoon ini? Karena Dr Frost sebagai salah satunya narasi fiksi yang paling dekat sama realita. Membaca Dr Frost berasa seperti bermain dan belajar psikologi.

2. From Now On We Begin Ethics

Sumber : anime-planet.comMirip dengan Dr Frost, manga ini yang harus dibaca untuk pelajari keutamaan psikologi komunikasi dan psikologi sosial di kehidupan seorang. Membaca manga ini ibarat belajar bersama dengan guru atau dosen yang kita kagumi. Aktivitas evaluasi yang menjemukan jadi menarik dan mempernyerap perhatian kita.

Manusia semestinya sanggup melakukan tindakan secara bebas, toh kita pun tidak diharuskan untuk ikuti semua ketentuan atau aturan sosial yang ada. Tetapi, meremehkan ketentuan yang telah ada akan memunculkan banyak resiko untuk kita. Oleh karena itu, warga meningkatkan suatu hal yang namanya norma Manga ini ibarat perdalam mengapa norma itu ada, dan mengapa kita harus menimbangnya saat sebelum lakukan apa saja.

3. I Sold My Life for 10K Yen Per Year

Sumber : mncgramedia.idManga dengan jenis psikologi yang terbaik ini bercerita tema-tema yang diulas di dalam mata kuliah RPM atau Bentang Perubahan Manusia, terutamanya langkah seorang hadapi kematian. Sayang, saya tidak dapat bercerita lebih komplet tanpa mengungkapkan semua ceritanya, jadi saya saranin untuk langsung membaca manga ini.

Menurutmu, berapa bernilai hidupmu? Apa kamu akan jual kesehatan, waktu, atau bentang hidupmu untuk uang sesaat. Manga ini tempatkan protagonis kita yang jual bentang waktunya untuk uang. Karena ketetapannya, hidupnya tiba-tiba berbeda.

4. Frieren: Beyond Journey’s End

Sumber : animeunited.comRekomendasi manga psikis seterusnya, bercerita mengenai orang doakan kita untuk panjang usia, tapi usia yang panjang tiba dengan kerugiannya tertentu. Frieren, heroine kita sebagai watak yang mempunyai usia yang panjang. Tetapi, umurnya yang panjang itu akan membimbingnya ke realita yang pahit dan memilukan.

Kita akan pelajari bagaimana rekan-rekan seperjuangan Frieren akan terima akhirnya narasi mereka dan langkah Frieren belajar untuk hadapi keperginya mereka. Ada pula bagian-bagian yang mengajarkan langkah peristiwa, lokasi, atau sebuah barang dapat membuat kenangan.

5. BERSERK

Sumber : cbr.comManga yang harus dibaca ini menceritakan mengenai seseorang yang namanya Guts. Ia bukan seorang pahlawan yang telah terlampau kita kerap saksikan di narasi fiksi. Manga ini belum tamat karena banyak adegan yang ada, kedalaman narasi yang diperlihatkan, dan kembalinya Kentaro Miura.

Walau kita tidak belajar pengetahuan psikologi segampang seperti dalam membaca Dr Frost dan From Now On We Begin Ethics, BERSERK tetap saya referensikan. Isinya memanglah tidak akan pas dengan semuanya orang, tapi kita dapat pelajari pengalaman periode kecil akan mempengaruhi masa datang.

Perubahan personalitas Guts jadi seorang anak biasa, jadi prajurit elit yang sanggup menaklukkan beberapa puluh makhluk dengan 1 ayunan pedangnya.

6. Boys Abyss: Suicide Ideation Warning

Sumber : mangaclash.comApakah kamu pernah berasa terkurung dan ingin larikan diri?

Ini ialah topik manga psikis yang bercerita mengenai rasakan hal sama. Dianya tak pernah berasa dapat mempunyai masa datang yang ceria tanpa lari dari kota periode kecilnya. Kehidupan keluarga, sosial, ia berasa jika hanya ia yang menderita.

Psikologi medis, sosial dan dampak lingkungan pada langkah kita melihat dunia bisa menjadi suatu hal yang hendak kerap kamu jumpai di referensiku. Kita akan mengamati peningkatan psyche figur khusus kita dan figur yang mengitarinya.

7. Homunculus

Sumber : aminoapps.comAkankah kamu akan benarkan personalitas seseorang jika tidak disuruh? Karena hanya kamu dapat menyaksikan “wujud” personalitas mereka?

Psychological manga ini dengan judul Homunculus diawali dengan figur khusus kita yang, lewat sebuah operasi memperoleh kekuatan untuk menyaksikan “Homunculus” atau manusia yang ada di dalam seorang. Secara singkat, ia dapat menyaksikan lebih dari sekadar performa seorang. Dengan kekuatannya, Dia mulai melakukan tindakan dan berusaha untuk “mengubah” personalitas-kepribadian punya beberapa orang yang ia jumpai.

Manga ini mempunyai episode yang tidak pas untuk anak-anak. Ada sisi dewasa, darah, operasi, dan beberapa gambar yang dapat membuat kamu berasa tidak nyaman. Tetapi, manga ini mengajari langkah psikologi personalitas dapat dikuasai oleh lingkungan dan kebalikannya.

8. My Broken Mariko

Sumber : manga-news.comManga psikis ini berupa One-Shot, dalam pengertian jika cuman ada satu adegan saja. Walau demikian, one-shot ini mempunyai imbas yang besar ke beberapa pembacanya. Manga ini mempunyai content yang kemungkinan tidak pas untukmu (kematian, self-abuse, child abuse, dll), sebagai peringatan saja.

Kehidupan berasa nikmat saat dunia kecil kita, dari rekan-rekan, orangtua, dan keluarga tetap sama. Tetapi, realita akan bawa pesan yang pahit ke mereka yang berbahagia. Seperti peralihan dunia Tomoya Shiino dan temannya Mariko yang hendak selekasnya berbeda.

9. Oyasumi Punpun

Sumber : pinterest.comOnodera Punpun adalah manga psikis terbaik yang menceritakan mengenai seorang yang banyak berpikiran, tapi sedikit bicara. Sebagai anak kecil dianya seperti telah pahami dunia dan bertanya beberapa pertanyaan filosofis seperti remaja.

Manga ini bukan suatu hal yang dapat aku referensikan ke semuanya orang. Beberapa topik dewasa (pembunuhan, kekerasan, sex, dan lain-lain) banyak ada di manga ini, walau pembikin manganya telah “menyensor” episode-adegan itu supaya bisa dibaca.

Sebuah kreasi seni yang kosongistik dan mengajari langkah lingkungan dapat mempengaruhi kita. Diawali dari langkah kita diberlakukan oleh orangtua, rekan-rekan, dan beberapa orang yang kita sayangi. Psikologi sosial dan perubahan psyche dari Punpun sebagai suatu hal yang bagus sekali dan mencekam.

Kata-Kata Penutup

Topik psychological dalam anime atau manga selalu dekat sama thriller dan horror. Tetapi, berikut beberapa manga yang mempunyai jalinan yang dalam dengan pengetahuan psikologi dan benar-benar saya referensikan. Posisi ini diatur dari manga yang termudah untuk dibaca sampai yang paling “beresiko”.

“Beresiko” dapat memiliki arti jumlah content dewasa yang ada di dalamnya yak. Ada beberapa manga dan anime yang lain dapat kusarankan, tapi 9 manga ini sebagai beberapa yang paling kusukai. Selamat membaca!

 

kunjungi juga website tentang pendidikan terpercaya

By dzail