Fiksi menurut definisi – Fiksi dan fiksi merajalela di dunia maya karena apa yang disampaikan Rocky Gerung. Hal ini membuat konsep fiktif dan pemahaman fiktif banyak dicari oleh banyak orang. Padahal, arti atau definisi fiksi sebenarnya sangat sederhana. Mungkin saat itu Rocky Gron kembali membawa pemikiran kritis seseorang kembali ke awal definisi yang jarang digunakan.

Secara umum, novel adalah karya sastra. Mengapa demikian, karena telah diketahui bahwa ada dua macam sastra, yaitu nonfiksi dan fiksi. Apa itu nonfiksi? Dokumenter adalah karya sastra yang didasarkan pada penelitian dan pengalaman ilmiah.Jika nonfiksi dimaknai seperti di atas, maka konsep fiksi merupakan kembalian dari nonfiksi. Nurgiantoro (2010:2) berpendapat bahwa pengertian sastra fiksi adalah cerita fiksi atau cerita fiksi karena isinya tidak menyiratkan kebenaran sejarah. Tujuan fiktif di sini tidak benar-benar terjadi di dunia nyata.

Dalam struktur uji sebuah karya sastra fiksi, tokoh, peristiwa, dan latar semuanya fiksi. Berbeda dengan nonfiksi, dimana unsur-unsur seperti tokoh, peristiwa, dan latar bersifat faktual, artinya nonfiksi dapat dibuktikan dalam kehidupan nyata atau empiris.

Oleh karena itu, novel disebut sebagai karya fiksi karena menyajikan berbagai persoalan, kehidupan dan kehidupan manusia dan manusia. Artinya dalam fiksi, pengarang menjalani hidupnya dengan penuh keikhlasan dan memolesnya melalui novel berdasarkan apa yang dilihatnya.

Dari penjelasan di atas, intinya berasal dari imajinasi. Jadi fiksi tidak didasarkan pada sejarah atau fakta, tetapi fiksi yang sesuai dengan imajinasi adalah bahwa ia dapat memanifestasikan dirinya dalam berbagai bentuk, seperti tulisan, pertunjukan langsung, film, acara TV, video game, role-playing game, dll. Ini sering digunakan sebagai bentuk sastra naratif, terutama dalam novel, novella, drama, atau cerita pendek.

Selain itu, konon juga ada novel prosa. Apa itu? Makna prosa novel adalah rangkaian cerita yang disimpulkan oleh beberapa pelaku dalam rangkaian peristiwa tertentu, berdasarkan latar belakang tertentu dan menurut imajinasi pengarang. Dengan demikian, proses penciptaan prosa fiksi merupakan hasil karya imajinatif yang dituangkan dalam bentuk lisan dan tulisan.

Definisi Fiksi: Apa itu Fiksi?

Secara umum, pengertian novel mengacu pada sebuah karya berbentuk naratif, yang disebut teks naratif atau wacana naratif imajiner.

Baca Juga : Google Scholar Jurnal Internasional

Definisi Para Ahli tentang Fiksi

Selain itu, para ahli menyampaikan berbagai pemikiran tentang definisi fiksi, seperti Abrams, Ottern Bernd & Lewis, Wellek & Warren, Nur Giantoro, Rocky Grand, dan menurut pernyataan Umum KBBI. Adapun apa yang dikatakan para ahli tentang novel ini:

  1. Definisi fiksi menurut Abrams

Menurut Abrams (1981:61), konsep novel adalah cerita fiksi atau karya fiksi narasi naratif yang tidak menyiratkan kebenaran sejarah.

  1. Definisi fiksi Rocky Gerung

“Fiksi adalah energi yang terkait dengan tujuan, dan itulah novel. Itu baik-baik saja. Novel adalah novel, dan tidak sama dengan novel,” katanya. Telos sendiri berarti “akhir”, “tujuan” atau “tujuan” dalam bahasa Yunani. Rocky menambahkan, dalam agama, fiksi adalah kepercayaan. Dalam sastra, fiksi adalah energi yang mengilhami imajinasi. “Bahan kimianya sama, dan jenis hormon yang sama diproduksi di tubuh yang sama,” katanya.

  1. Pengertian fiksi menurut KBBI

Pengertian Fiksi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi 5 (Edisi Terbaru), istilah Fiksi diartikan sebagai 1) cerita-cerita fiksi (romansa, novel, dll); 2) fiksi, fiktif, bukan berdasarkan kenyataan; 3) hanya Sebuah pernyataan berdasarkan imajinasi atau ide.

  1. Pengertian fiksi menurut Nurgiantoro

Menurut Nurgiantoro (2010:2) dalam bukunya The Theory of Fiction Reading, novel didefinisikan sebagai prosa naratif imajinatif. Tapi mereka biasanya masuk akal dan mengandung kebenaran yang mendramatisir hubungan.

  1. Definisi Fiksi Alternbernd dan Lewis

Menurut Alternbernd dan Lewis (1966:14), konsep novel adalah untuk menyajikan masalah, kehidupan dan kehidupan orang dan orang.

6 Definisi Fiksi Wellek dan Warren

Menurut Wellek dan Warren (1956:212), konsep novel adalah bangunan struktural yang koheren dan tetap memiliki tujuan estetis.

Demikian informasi tentang topik “Apa definisi novel?” Itulah pengertian dan penjelasannya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Itu saja, terima kasih. Salam berbagi teman.