bikin rumah sendiri

Sekarang ini memang banyak sekali yang menawarkan  jasa jual beli rumah tinggal siap huni, hanya saja ini tidak mengurangi keinginan orang yang punya keinginan untuk membuat rumahnya sendiri.

Tentu saja mereka punya alasannya yang berbeda-beda, namun alasan terbanyak yang  sering digunakan adalah karena kita bisa merancang rumah tinggal tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan saat ini.

Bahkan kita bisa menyesuaikan dengan budget yang tersedia.

Karena biasanya harapan ingin membangun rumah sendiri cukup sering dihadapkan dengan masalah dana yang super terbatas. Tidak dipungkiri bahwa pembangunan rumah tentu saja butuh biaya yang tidak sedikit. Akan tetapi, ini bukan berarti rumah yang indah dan sesuai keinginan harus mahal.

Anda hanya perlu tahu caranya saja, bikin rumah bagus  serta berkualitas dengan harga murah sangat bisa kita wujudkan. Berikut ini adalah caranya.

  1. Buat Perencanaan Pembangunan

Langkah paling awal yang harus dilakukan adalah perencanaan, rencanakanlah proses  pembangunan rumah tinggal dengan baik, mulai dari biaya, dimensi bangunan, hingga lama pengerjaan rumah tinggal anda.

Planning yang anda buat ini, nantinya berguna sebagai pengendali saat proses pengerjaan dimulai dari kemungkinan terjadinya beda pengerjaan selama proses pembangunan berlangsung.

Jika saat pelaksanaan pembangunan rumah tinggal keluar dari rencana, tentu saja akan berdampak pada biaya yang harus kita keluarkan nantinya.

  1. Gunakan Desain Tipe Minimalis

Jika kita ingin membangun rumah tipe minimalis, maka kita harus benar-benar tahu model seperti yang kita inginkan. Lagipula ini sudah menjadi trend rumah rakyat saat ini.

Karena desain ini diyakini lebih mudah dalam proses desain dan memiliki bentu yang jauh lebih elegan dan simple dibandingkan dengan desain tradisional.

Cukup banyak peminat desain rumah seperti ini. Oleh karenanya, kita bisa menggunakan opsi ini ketika ingin membangun rumah sendiri dari awal.

  1. Tentukan Bentuk Bangunan

Sebelum memutuskan untuk membangun rumah, tentukan dulu ruangan apa saja yang akan kita butuhkan nantinya.

Mulai dari ruangan yang paling utama seperti kamar tidur dan kamar mandi. Selanjutnya barulah menentukan ruangan lain yang sifatnya lebih sekunder.

  1. Lakukan Riset Harga Bahan Bangunan

Agar kita tidak over budget, maka sejak awal juga sangat disarankan untuk mengecek harga bahan bangunan dimana kita sedang melakukan pembangunan rumah.

Usahakan cek harga terbaru, jangan hanya cek melalui internet.

Kami sangat menyarankan agar langsung cek ke toko bangunan. Termasuk perkiraan kenaikan harga jika ada perubahan harga dari toko bangunan. Ini penting sekali.

  1. Selektif Memilih Juru Bangunan

Yang tidak kalah penting adalah memilih pekerjanya.

Banyak orang yang gagal membangun rumah impiannya karena salah memilih tukang bangunannya. Terutama terkait dengan kontraktornya.

Oleh karenanya, kami sangat menyarankan agar anda benar-benar selektif memilih kontraktor bangunan yang akan membnatu anda membangun rumah yang sudah direncanakan.

  1. Izin dan Legalitas

Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan saat membangun rumah adalah soal izin dan legalitas. Pastikan anda sudah mengurusnya dengan benar.

Mulai dari IMB hingga SLF. SLF adalah singkatan dari surat laik fungsi.

Surat dan sertifikat ini sangat penting untuk kita urus agar kita punya legalitas membangun dan menempati rumah tersebut nantinya.

Jika anda tidak bisa mengurusnya sendiri, kami sarankan gunakan jasa konsultan SLF yang ada ditempat anda membangun. Itu jauh lebih memudahkan kita.

  1. Gunakan Bahan Bangunan Lokal

Kami juga menyarankan agar menggunakan bahan bangunan lokal.

Tidak perlu memaksakan diri untuk menggunakan bahan bangunan dari daerah lain. Kecuali bahan bangunan lokal memang kualitasnya sangat jelek sekali.

 

By jago