Iman Kepada Allah

Dari umut kita kecil pastinya kita ini sudah diajarkan mengenai rukun iman dalam islam.  Apa Anda ini sudah hafal rukun iman? lalu apa sudah di faham juga mengenai  makna dari rukun iman ini?

Bagi Anda yang belum memahaminya yuk kita simak beberapa makna dari rukun iman ini. Penjelasan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artinya ini merupakan sebuah hal yang harus di penuhi supaya sebuah pekerjaan jadi sah, lebih singkatnya yaitu merupakan sebuah dasar atau pokok.

Pengertian untuk iman artinya adalah kepercayaan, kepercayaan ini berhubungan dengan agama. Iman ini merupalan kepercayaan kita terhadap Allah SWT, Al Quran, Nabi Muhammad dan masih ada lagi yang lainnya. Rukun iman ini terdiri dari enam perkara yaitu:

  • Iman kepada Allah SWT
  • Iman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT
  • Iman kepada Kitab-kitab Allah SWT
  • Iman kepada Rasul dan Nabi Allah SWT
  • Iman kepada Hari akhir
  • Iman kepada Qada’ dan qadar

Yuk langsung saja kita fahami mengenai maknanya:

  • Rukun Iman yang Kesatu: Iman kepada Allah SWT

Makna yang pertama yaitu iman kepada Allah SWT yaitu dengan meyakini sepenuh hati jika Allah SWT ini ada, Bukan hanya itu saja tapi Anda juga harus yakin jika Allah SWT ini dan dan memiliki wujud.

  • Rukun Iman yang Kedua: Iman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT

Rukun iman yang kedua adalah Iman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT, maknanya Anda ini harus meyakini kalau malaikat ini memiliki wujud dan tahu mengenai nama dan juga tugasnya.

  • Rukun Iman yang Ketiga: Iman kepada Kitab-kitab Allah SWT

Rukun iman yang ketiga yaitu, Iman kepada Kitab-kitab Allah SWT. Maknanya adalah jika kitab suci ini datangnya dari Allah SWT. Lalu Anda ini harus mengimani kitab suci dengan yakin dan bisa membenarkan semua perkataan yang ada di dalam kitab tersebut. Anda juga harus rajin mengamalkan isi dari kitab suci dari Allah SWT ini.

  • Rukun Iman yang Keempat: Iman kepada Rasul dan Nabi Allah SWT

Maknan dari Iman kepada Rasul dan Nabi Allah SWT, ini yaitu kita harus percaya dan juga yakin jika nabi serta rosul ini adalah manusia yang merupakan utusan dari Allah SWT. Nabi dan Rosul ini adalah manusia yang di ciptakan oleh Allah SWT yang memiliki tugas untuk menyampaikan kabar gembira dan memberikan petunjuk untuk umat manusia supaya bisa ada di jalan yang lurus.

  • Rukun Iman yang Kelima: Iman kepada Hari akhir

Makna dari Iman kepada Hari akhir artinya yaitu percaya akan adanya hari akhir atau hari kiamat. Anda juga harus meyakini jika tanda-tanda dari datangnya hari kiamat ini ada.

  • Rukun Iman yang Keenam: Iman kepada Qada’ dan qadar

Rukun iman keenam Iman kepada Qada’ dan qadar maknanya adalah kita ini harus meyakini bahwa takdir baik dan juga buruk yang menimpa kita ini datangnya dari Allah SWT. Qada ini memiliki arti takdir yang tetap jadi manusia ini sudah memiliki takdir yang tetap dari Allah SWT dari mulai jodoh, rezeki, maut, dan lain-lain. Arti qadar sendiri adalah kepastian dari Allah SWT, takdir dari allah SWT lah yang menentukan kejadian saat ini dan pasti terjadi.

Itu dia makna yang terdapat di dalam rukun iman, semoga Anda bisa memahami makna tersebut dan bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

By sartika