Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Taubat serta Doa yang Benar

Sholat dhuha ini memiliki banyak sekali keutamaan bagi siapa saja yang dapat mengerjakannya, walaupun Ibadan yang satu ini termasuk ibadah Sunnah. Nabi Muhammad sendiri selalu mengingatkan umatnya untuk rajin melakukan sholat dhuha seperti hadist di bawah ini:

“Kekasihku (Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam) telah berwasiat kepadaku tentang tiga perkara agar jangan aku tinggalkan hingga mati; Puasa tiga hari setiap bulan, shalat Dhuha dan tidur dalam keadaan sudah melakukan shalat Witir.” (HR. Bukhari)

Keutamaan yang paling di kenal dari sholat dhuha ini memang di kenal berkaitan dengan rezeki yang ada di dunia, padahal sholat Sunnah yang satu ini memiliki keutamaan lainnya, diantaranya ada:

  • Sebagai Sedekah

Sholat dhuha ini di anggap sebagai salah satu ibadah Sunnah yang jadi pahala sedekah, jadi barang siapa yang melaksanakan sholat dhuha ini maka dia telahh melakukan sedekah atas seluruh anggota tubuuh yang dimilikinya, seperti sabda dari Rasulullah SAW yang berbunyi: “Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya. Amar ma’ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua raka’at,” (HR Muslim).

  • Tak Dianggap Lalai

Bagi siapapun yang melaksanakan sholat dhuha maka akan sebagai orang yang tidak lalai. Jadi jika Anda memang sedang mencari rahmat dari Allah SWT sebaiknya coba kerjakan sholat dhuha supaya bisa terlepas dari sikap lalai. Hadist dari keutamaan ini yaitu: “Orang yang mengerjakan shalat dhuha tidak termasuk orang lalai,” (HR. Al-Baihaqi dan An-Nasa’i).

  • Diampuni Dosanya

Keutamaan yang selanjutnya adalah diampuni dari dosa yang telah lampau. Bagi siapa saja yang melaksanakan sholat dhuha ini secara rutin maka Allah SWT akan mengampuni dosanya walaupun dosanya ini sebanyak buih di lautan. Ini dia sabda dari Rasulullah SAW, “Siapa yang membiasakan (menjaga) shalat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.”(HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

  • Memiliki Istana Surga

Bagi dia yang rajin melaksanakan sholat dhuha maka akan mendapatkan istana yang megah di surga kelak, hadist mengenai pernyataan tersebut adalah: “Barang siapa sholat Dhuha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana di surga.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

  • Menyehatkan Tubuh

Sholat dhuha juga bisa membantu untuk menyehatkan tubuh, pernyataan ini sesuai dengan sabda Rasullah SAW “Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar maruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan salat Dhuha sebanyak 2 rakaat.” (HR. Muslim no. 720).

 

Tata Cara Sholat Dhuha

  1. Membaca niat sholat dhuha
  2. Takbiratul ihram
    3. Membaca doa iftitah
    4. Membaca surah al-Fatihah.
    5. Membaca surah pendek
    6. Ruku dengan tumaninah.
    7. Itidal dengan tumaninah.
    8. Sujud dengan tumaninah.
    9. Duduk di antara dua sujud dengan tumaninah.
    10. Sujud kedua dengan tumaninah.
    11. Berdiri lagi menunaikan rakaat yang kedua.
    12. Membaca surah al-Fatihah.
    13. Membaca surah pendek
    14. Ruku dengan tumaninah.
    15. Itidal dengan tumaninah.
    16. Sujud dengan tumaninah.
    17. Duduk di antara dua sujud dengan tumaninah.
    18. Sujud kedua dengan tumaninah.
    19. Tasyahud akhir dengan tumaninah.
    20. Membaca salam menengok ke kanan dan ke kiri.
    21. Membaca doa sholat dhuha.

By sartika