Saat memory handphone penuh, memasangkan kartu MicroSD ialah jalan keluar cepat. Tetapi beberapa pemakai justru rasakan performa handphone-nya melamban karena kartu memory external. Apakah benar begitu?

Ulasan MicroSD Sandisk Extreme Pro A2: Kartu Memory untuk Melegakan Kemampuan Handphone

Jawabnya bergantung pada tipe kartu yang Anda pakai. Karena, seperti handphone, kartu MicroSD juga punyai detail berbeda, dimulai dari kecepatan baca/catat, kecepatan transfer, kekuatan perekam video 4K, dan sebagainya. Bila pilih kartu yang tidak cocok, karena itu ada peluang performa handphone melamban saat menjalankan program atau games tertentu.

Lalu kartu MicroSD apa yang baik untuk handphone Anda? Supaya tidak turunkan performa handphone Anda, Selular.ID ingin mereferensikan kartu MicroSD terbaik yang berada di pasaran sekarang ini, yakni kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A2.

Kartu MicroSD terkini dari Sandisk ini pas dipakai untuk semuanya tipe handphone (yang memberikan dukungan kartu external). Ditambah karena kartu ini telah memberikan dukungan tehnologi A2.

Karena tehnologi terkini, pemakai akan memperoleh kecepatan super dalam terhubung file atau program yang diletakkan di kartu memory. Tidak itu saja, kartu memory ini jamin pengalaman bermain games online yang lancar tanpa kendala. Karenanya, pasti benar-benar bermanfaat untuk pemakai handphone yang ingin mengalihkan games berat ke memory external untuk melegakan kemampuan handphone.

Telah dipasarkan semenjak Oktober 2018, kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A2 ada dalam empat kemampuan memory, dimulai dari 64/128/256/400GB. Nilai jualnya dimulai dari Rp400 beberapa ribu.

Selainnya variasi “Pro”, Sandisk keluarkan variasi reguler yaitu kartu MicroSD Extreme A2 dengan opsi kemampuan sama 64/128/256/400GB pada harga dimulai dari Rp300 beberapa ribu.

Saat sebelum A2, Sandisk sudah keluarkan kartu memory dengan tehnologi A1. Ke-2 nya khusus dipakai untuk standard microSD handphone. MicroSD A1 mempunyai detail SD Physical 5.1. Dengan kecepatan IOPS semakin besar, file yang diletakkan di memori card bisa dijangkau bisa lebih cepat oleh handphone.

Kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A1 ini direncanakan khusus untuk tangani banyak file, seperti file penyimpanan dalam handphone dan program. Bukan hanya untuk simpan data file (peta, gambar, video, music, dan dokumen), A1 memungkinkannya pemakai untuk mengubah dan mengupdate data.

Dibandingkan microSD biasa, kartu MicroSD dengan tehnologi A1 dapat berisi file atau program bisa lebih cepat. Sementara kartu MicroSD A2 memakai SD Physical 6.0 dari data SD Association. Sebagai penerus, automatis perform A2 bisa lebih cepat dari A1.

Kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro telah memakai tehnologi A2, hingga performa kartu lebih tinggi karena memakai peranan Command Queuing dan Cache. Management memory flash yang efektif bisa disokong oleh peranan Pemeliharaan.

Misalnya di saat loading games, akan dibutuhkan acak akses yang bagus, di saat bertepatan, secara berbarengan. Dimulai dari buka program, memeriksa akses yang pas untuk games, memeriksa tingkat games, sampai memeriksa audio yang akurat. Semuanya memerlukan acak IOPS yang oke.

Kartu memory microSD Sandisk Extreme Pro A2 benar-benar bagus untuk handphone keluaran terkini. Tetapi pada intinya semua handphone dapat memakai kartu ini, namun kecepatan Read dan Write tidak semaksimal saat kartu dipasangkan ke handphone premium.

Berdasar teori, kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A2 ini memiliki kecepatan Baca optimal 170MB per detik dan kecepatan Catat 90MB per detik.

Perform kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A2 ialah 4000 baca IOPS dan 2000 catat IOPS. (Dan perform A1 ialah 1500 baca IOPS, 500 catat IOPS).

Selainnya bisa lebih cepat, kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A2 telah mengangkat UHS Kelas 3 (U3) dan rangking Kecepatan Video Kelas 30 (V30). Maknanya, kartu ini sanggup dihandalkan untuk record video resolusi 4K atau dikenali sebagai Ultra High Definition (UHD), tepat 3840 x 2160 pixel.

Pada pengetesan mengalihkan file pola MP4 sejumlah 2GB dari PC ke kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A2, memperoleh kecepatan sekitaran 71Mbps, walau sebenarnya Sandisk mengeklaim 90Mbps.

Dan saat mengalihkan file yang serupa dari kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A2 ke PC, kecepatannya capai 1,1Gbps.

Pengetesan kemungkinan berlainan di PC Anda atau handphone Anda, bergantung pada tipe processor dan RAM.

Selainnya data file media, data pada handphone tersangkut program. Semestinya, tiap kartu memory external sanggup simpan data file dan program. Tetapi, beberapa supplier mengaplikasikan perlindungan yang tidak mungkin kartu MicroSD simpan file program.

Buat mengetes kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A2 pada handphone kami memakai Samsung Galaxy A50, karena Samsung meluluskan kartu external berperanan seperti “memory intern” hingga dapat simpan file program ke kartu memory.

Hasilnya, program games PUBG Mobile dapat termuat dalam kurun waktu nyaris bertepatan. Bahkan juga, sedikit cepat pada program games yang telah dipindah ke kartu memory pada Samsung Galaxy A50. Begitupun saat buka games mobile lain sama ukuran dewa.

Lalu saat bermain games, kami pun tidak rasakan ketidaksamaan. Games berasa mulus walau file program ada di kartu memory. Bahkan juga, lebih nge-gas karena memory intern asli selalu lega.

Itu maknanya, kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A2 tidak membuat handphone Anda melamban.

Ada beberapa feature hebat yang ditanamkan ke produk kartu MicroSD Sandisk. Satu diantaranya, feature RescuePRO Deluxe.

Data sebagai harta karun di jaman digital. Kehilangan data pasti jadi mimpi jelek semua pemakai handphone. Ketahui hal tersebut, Sandisk tawarkan pelindungan back-up data setiap produknya.

Sandisk RescuePRO Deluxe memungkinkannya pemakai untuk dapat memperoleh kembali file yang telah dihapus. Dalam tiap buntel boks pemasaran, tertera code akses untuk memperoleh file Anda kembali. Janganlah lupa daftarkan kartu Sandisk Anda ke web sah perusahaan.

Konsumen kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A2 akan mendapatkan berlangganan software RescuePRO Deluxe sepanjang 2 tahun secara gratis. Disamping itu, perlindungan data dengan sandi dapat dilaksanakan supaya data masih tetap aman dengan software dari SanDisk SecureAccess.

Sebagai informasi tambahan, walau tehnologi A2 diutamakan pada pemakaian handphone, tetapi penggunaan kartu MicroSD Sandisk Extreme Pro A2 tak terbatas pada handphone saja. Pemakai bisa juga memakai kartu pada alat electronic lain seperti camera DSLR dan Voice Recorder. Karena, pada paket penjualannya, telah diperlengkapi dengan adapter, hingga kartu MicroSD dapat berbeda pola jadi kartu SD.

 

Baca juga Situs Rekomendasi Produk Alat Dapur, Kecantikan, Kesehatan, Dan Perlengkapan Bayi Untuk Para Ibu

By dzail