Cataflam
source gambar : popmama.com

Setiap satu kali dalam sebulan seorang wanita dewasa pasti akan dihadapkan dengan yang namanya haid atau datang bulan. Saat siklus haid ini tiba biasanya wanita akan merasakan nyeri atau kram di sekitar area perut. Tidak jarang di beberapa kasus wanita yang mengalami nyeri haid bahkan sampai tidak bisa melakukan aktivitas apapun.

Jika nyeri datang bulan yang dirasakan sulit untuk ditahan lagi, biasanya wanita akan mulai mengkonsumsi obat – obatan yang bisa meredakan gejala tersebut. Salah satu obat yang biasa dikonsumsi untuk meredakan sakit haid yaitu obat Cataflam. Obat Cataflam ini tidak hanya bisa digunakan untuk meredakan nyeri haid tapi juga sakit kepala migrain, bahkan nyeri akibat peradangan sendi.

Obat Cataflam ini dipercaya mampu meredakan nyeri haid karena didalam obat ini teradpat kandungan Diclofenas potassium yang bisa meredakan rasa nyeri di area tubuh. Diclofenas potassium ini bekerja dengan cara menghambat produksi enzim yang menghasilkan prostaglandin yang merupakan zat yang dapat memicu gejala radang saat tubuh sedang mengalami kerusakan ataupun luka.

Di pasaran obat yang mengandung Cataflam ini sudah sangat mudah untuk ditemukan. Bentuk dan kemasan obat ini juga cukup beragam, mulai dari bentuk tablet, sirup, dan bentuk serbuk yang dilarutkan. Semua bentuk obat tersebut tergantung kepada kebutuhan yang anda inginkan.

Aturan pakai obat Cataflam ini berbeda – beda di tiap orangnya, biasanya dosis dan cara penggunaan obat ini di sesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan dari pasien. Agar tidak salah minum, berikut dosis dan cara meminum Cataflam yang disarankan.

  • Untuk meredakan nyeri haid

Anda bisa minum obat Cataflam 3 x 1 hari dengan dosis 50 – 100 mg.

  • Untuk meredakan nyeri sendi

Anda bisa minum obat Cataflam 3 – 4 x dalam sehari dengan dosis 50 mg.

  • Untuk meredakan keluhan Ostheotritis

Anda bisa minum obat Cataflam 2 – 3 x dalam sehari dengan dosis 50 mg.

Selain keterangan dosis diatas, ada beberapa aturan yang harus diperhatikan saat sedang mengkonsumsi obat Cataflam ini, berikut keterangannya :

  1. Konsumsi obat Cataflam sesuai dengan anjuran yang diberikan oleh dokter ataupun anjuran yang tertera di aturan pemakaian.
  2. Sebaiknya obat Cataflam ini di konsumsi setelah makan untuk menghindari resiko penyakit lambung yang mungkin terjadi.
  3. Jika anda mengkonsumsi obat Cataflam yang berbentuk tablet maka sebaiknya anda meminumnya dengan segelas air putih. Hindari mengunyah ataupun membelah tablet karena ditakutkan akan meningkatkan efek samping pemakaian obat ini.
  4. Jika anda mengkonsumsi obat Cataflam yang berbentuk serbuk, maka sebaiknya anda melarutkannya dengan campuran air putih sebanyak 30 – 60 ml sebelum di konsumsi.
  5. Hindari mengkonsumsi obat ini dalam jangka waktu yang berdekatan. Jika dosis sebelumnya diminum kurang dari 12 jam maka lebih baik hindari meminum dosis selanjutnya.
  6. Simpanlah obat Cataflam ini di tempat yang kering dan terhindar dari matahari langsung.
  7. Hindari penyimpanan obat ini dari jangkauan anak – anak.

Itulah informasi seputar kegunaan dan juga aturan penggunaan dari obat Cataflam yang bisa dikonsumsi untuk meringankan nyeri saat haid. Semoga informasi ini bisa berguna dan membantu untuk anda yang sering mengkonsumsi obat ini. Kedepannya jika anda mengalami indikasi diluar yang sudah dijelaskan, maka anda bisa segera berkonsultasi dengan dokter terkait untuk informasi lebih jelasnya.

By sartika