Pandemi yang sudah memberikan banyak dampak terutama di sektor ekonomi membuat para pengusaha harus memutar otak agar bisnisnya bisa terus berjalan.  Tidak heran jika sekarang sekarang offline, banyak toko yang melayani sistem online demi mencapai target agar tidak mengalami kerugian, tidak terkecuali bisnis perhiasan. 

Tips Aman Membeli Perhiasan Secara Online

Jika kita mengakses marketplace atau aplikasi khusus belanja di ponsel, kita akan menemukan banyak sekali toko perhiasan yang menjual perhiasan secara online. Selain menghemat waktu, dengan harga yang sama, Anda tidak perlu datang ke toko. 

Meskipun nanti akan ada biaya kirim, namun biasanya akan ada fitur diskon atau free ongkir untuk minimal pembelian dalam jumlah tertentu. Berikut beberapa tips aman membeli perhiasan secara online, diantaranya : 

  • Pahami Faktor Yang Menentukan Harga Emas 

Salah satu tips yang perlu Anda ketahui dalam membeli emas adalah faktor yang menentukan harga perhiasan emas itu sendiri di pasaran. Terdapat 3 hal yang perlu diperhatikan diantaranya harga emas di pasaran sekarang, berat perhiasan yang dibeli, dan kadar yang dimiliki oleh perhiasan tersebut. Ketiga hal tersebut akan mempengaruhi harga perhiasan emas yang akan Anda beli di masa depan. 

  • Perhatikan Tempat Membeli

Selain memahami faktor penentu harga emas, Anda juga perlu memperhatikan tempat dimana Anda akan membeli perhiasan emas. Ada 2 pilihan membeli yaitu di e-commerce dan di situs penjual emas langsung. Jika Anda memilih berbelanja di e-commerce memiliki kelebihan bisa melihat berbagai macam seller yang bisa dijadikan perbandingan dan tolak ukur. 

Sedangkan jika Anda memilih berbelanja di situs penjual emas langsung, maka Anda juga bisa melihat berbagai emas di situs tersebut secara langsung juga. Karena masing-masing memiliki kelebihannya sendiri, maka tergantung pada Anda ingin membeli dimana. 

  • Pahami Ukuran Emas Yang Akan Dibeli 

Jika Anda bermaksud membeli cincin, maka Anda harus memastikan bahwa Anda mengetahui ukuran dari cincin yang akan Anda beli. Membeli perhiasan khususnya cincin secara online tidak sama seperti di toko offline yang bisa dicoba secara langsung. 

Oleh karena itulah, Anda harus benar-benar memastikan ukuran cincin yang akan dibeli agar ketika barangnya tiba akan cocok dipakai di jari Anda. Anda bisa mengukur cincin atau jari Anda menggunakan kertas atau benang untuk mengetahui sizenya. 

  • Amati Review Produk Yang Akan Dibeli 

Sebelum memutuskan untuk membeli, Anda sebaiknya membaca ulasan mengenai toko tersebut dan penilaian produk yang dijual. Orang-orang yang sudah membeli sebelum Anda akan memberikan penilaian berupa rating bintang. Semakin banyak rating dan reviewnya, maka semakin terpercaya juga toko perhiasan tersebut. Pastikan juga model cincin nikah emas yang dipilih sudah sesuai dengan gambar. 

Itulah tips aman membeli perhiasan secara online. Selain tips di atas, Anda perlu memastikan bahwa toko emas tersebut memiliki layanan pengembalian produk dan garansi.  

By Drajad