Sumber : www.wartajakarta.co.id

GoTo melalui ekosistem Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial terus berusaha tingkatkan daya saing UMKM lokal melalui pendayagunaan tehnologi supaya sanggup jadi tuan-rumah di negeri sendiri. Ini kali lewat Pertemuan Nasional Maju Digital, sisi dari serangkaian pergerakan.

 

Menteri Koordinator Sektor Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan, dan akan didatangi oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Inovatif Republik Indonesia, Angela Tanoesoedibjo dan Staff Khusus Menteri/Juru Berbicara Kementerian Investasi/BKPM.

 

Ada belasan sesi mendidik dan menginspirasi yang didatangkan pertemuan ini. Beberapa pakar akan membawa sesion yang ada. Disamakan juga dengan keperluan dan rasio usaha. Pertemuan ini dapat dituruti dengan gratis oleh siapa, terutamanya praktisi UMKM.

 

Chief of Corporate Affairs Group GoTo, Nila Marita, menjelaskan, “Sepanjang wabah, jalan keluar dari Group GoTo sudah menolong UMKM dan berperan pada ekonomi Indonesia sampai 2% PDB. Ini menggerakkan kami untuk bekerjasama dengan partner vital, mendatangkan beragam ide turunan pergerakan #BangkitBersama untuk perkuat kontributor Group GoTo pada Indonesia.”

 

“Konferensi Nasional Maju Digital ini sebagai salah satunya cara konkretnya. Pertemuan nasional UMKM lokal paling besar dan pertama dari GoTo menarget belasan ribu UMKM untuk ikuti beragam sesion dengan beragam topik dalam sehari. Kami mengharap ide besar ini dapat menggerakkan kemampuan beberapa aktor UMKM Indonesia melalui pemerataan pengetahuan menjalankan bisnis.

 

Lebih jauh lagi, Nila menerangkan, “Pertemuan ini mengikutsertakan belasan pembicara, terhitung pemerintahan, ahli dan praktisi UMKM lokal. Topik yang diulas sekitar mengawali usaha, pengendalian modal, branding dan marketing, lisensi usaha dan ada banyak yang lain.”

 

Berkolaborasi dengan Pemerintah Wilayah dan UMKM Lokal

 

Sebagai perpanjangan dari Pertemuan Nasional Maju Digital, GoTo bekerjasama dengan pemda dan UMKM lokal dengan melangsungkan Kelas Maju Digital di Solo, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, Jabodetabek dan terus akan semakin bertambah di kota yang lain. “Tiap bulannya, Kelas Maju Digital memberi pengiringan dan pembekalan berkaitan peningkatan usaha dan kapabilitas kewiraswastaan untuk UMKM lokal. Mereka bisa juga share wacana dengan UMKM yang lain melalui Komune Mitra GoFood (KOMPAG), Komune Ritel GoTo Financial (KONTAG) dan Keluarga Tokopedia (K-Top).

 

Selama pandemi, lebih dari empat juta partner usaha bergabung di ekosistem GoTo – yakni Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial. Ingat UMKM penunjang lebih dari 60 % pada PDB Indonesia, karena itu akses pada pengetahuan ketrampilan usaha jadi fokus utama supaya UMKM terus berperan mengembalikan ekonomi dalam negeri.

 

Burgreens-Green Rebel, Khusus Spice dan Hairnerds Profesional sebagai contoh UMKM lokal yang sudah rasakan faedah dari produk dan jalan keluar ekosistem GoTo. Di lain sisi, Burgreens-Green Rebel berperan serta sebagai pembicara dalam serangkaian Pertemuan Nasional Maju Digital.

 

Co-Founder dan CEO Burgreens dan Green Rebel Foods, Helga Angelina, menjelaskan, “Peran digitalisasi penting untuk usaha kami yang semula usaha rumahan jadi usaha kulineran dengan rasio seperti sekarang ini. Khususnya sepanjang wabah, kami memercayakan service GoFood, GoPay, dan Tokopedia untuk tetap bertahan dan bangun. Kami mengharap Pertemuan Nasional Maju Digital dapat menolong UMKM di semua Indonesia mendapati momentumnya dan maju bersama lewat ekosistem GoTo.”

 

Co-Founder Khusus Spice, Riang Templer, yakin pertemuan dan kelas ini menjadi tempat praktisi UMKM untuk sama-sama share pengalaman dan info. Riang mengutamakan salah satunya ekosistem GoTo, yakni Tokopedia, jadi titik jelas saat wabah mengakibatkan pemasaran offlinenya turun sampai 80 %, “Pemasaran kami di Tokopedia bertambah 5x lipat sepanjang wabah.”

 

Di sisi lain, Owner Hairnerds, Iman Taufiq Djayadiningrat akui tertolong oleh service GoTo Financial, Moka, sepanjang wabah. “Dengan pertambahan jumlah gerai off-line kami sepanjang wabah, Moka memberikan dukungan pengalaman transaksi bisnis Hairnerds jadi lebih ringkas dan efektif, pegawai kami dapat semakin pahami ide usaha dengan Moka.

By andut