Sebelum lanjutkan artikel Ketentuan dan Manfaat Aqiqah Untuk Bayi Laki-laki dan Perempuan, Sekedar kami info:

Jika anda berminat mencari Jasa Aqiqah Terpercaya dan Profesional dengan harga murah kunjungi website Jasa Aqiqah Jabodetabek

Dalam tuntunan agama Islam, orang-tua wajib melakukan aqiqah untuk buah hatinya yang sudah lahir. Tuntunan ini dilaksanakan sebagai wujud rasa sukur atas anugerah dan rejeki yang sudah Allah SWT beri.

Aqiqah sebagai proses pemotongan kambing atau domba yang sudah dilakukan sesudah hari ketujuh atau hari ke-21 kelahiran anak. Disamping itu, tiap anak lelaki dan wanita mempunyai ketetapan aqiqah yang berbeda.

Sama seperti yang telah diterangkan awalnya, jika waktu bagus lakukan aqiqah untuk bayi lelaki atau wanita ialah sesudah hari ketujuh sampai hari ke-21 sesudah melahirkan. Hal itu sesuai hadis kisah Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad, Nasa’I dan Ad Darimi.

Dari Samurah bin Jundab, Rasulullah SAW bersabda: “Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang di hari ke-7 nya disembelih hewan (kambing), dinamakan dan dicukur rambutnya.” (Hadits shahih Kisah Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’I, Ibnu Majah, Ahmad , Ad Darimi)

Tetapi, bila orang-tua tidak mampu melakukan di saat bagus, tidak perlu cemas, tetap dapat melakukannya walau bayi telah mempunyai umur balig. Waktu itu tidak hilangkan sunah beribadah aqiqah, bila uang masih datang dari orang-tua. Jika, uang datang dari anak, karena itu sunah beribadah jatuh pada anak.

Disamping itu, bila memang sungguh tidak mampu melakukan dengan waktu lama, karena itu bisa tinggalkan atau mungkin tidak melakukan beribadah yang ini. Walau sekarang ini telah banyak wiraswasta yang memberi paket aqiqah untuk seorang yang ingin melakukannya, tetapi menyembelih dan memproses hewan aqiqah sendiri lebih bagus.

Oleh karenanya, penting untuk ketahui bagaimana ketetapan aqiqah. Karena, tiap tipe kelamin mempunyai ketetapan aqiqah yang berbeda. Untuk bayi lelaki, jumlah hewan aqiqah yang perlu disembelih sekitar 2 ekor kambing atau domba. Dengan keadaan hewan yang sehat dan cukup usia yaitu setahun.

Dan untuk bayi wanita, orang-tua cukup keluarkan satu hewan kambing atau domba. Dengan keadaan hewan yang sama dengan aqiqah lelaki. Tidak lupa, tata langkah dan ketetapan aqiqah harus juga memperhatikan bacaannya. Saat sebelum menyembelih hewan untuk aqiqah, katakan bismillah dan sembelih dengan yang benar dan baik.

Hal yang perlu dilaksanakan dan jangan dilaksanakan saat aqiqah

Aqiqah menjadi satu diantara acara dalam agama islam yang mempunyai ketetapan tertentu. Oleh karenanya, penting untuk ketahui beberapa hal apa yang bisa dan jangan dilaksanakan.

1. Hal yang bisa dilaksanakan saat aqiqah

Saat melakukan aqiqah, sebaiknya untuk lakukan pemotongan dan memproses sendiri kambing untuk aqiqah. Sesudah mengolah, pelaksana aqiqah harus membagi masakan itu pada saudara dan tetangga.

Disamping itu, saat melakukan aqiqah orang-tua harus juga cukur rambut sang kecil dan menamai yang bagus untuk cerminan periode depannya. Hukum cukur rambut anak yang aqiqah sebetulnya menurut ulama ialah sunnah, tetapi banyak orang melakukan.

2. Hal yang jangan dilaksanakan

Cukup banyak orang yang menduga jika orang-tua jangan makan daging aqiqah anaknya. Hal itu cuman dogma kok. Orang-tua masih bisa makan daging aqiqah, tetapi cuma untuk saja. Karena, beberapa masakan harus diberi untuk sedekah.

Hal yang jangan mom kerjakan itu sebetulnya ialah menyembelih hewan qurban yang buta, pincang, sundul pecah dan keadaan kesehatan yang kurang. Jangan jual daging aqiqah, tulang tidak diputus.
Disamping itu, sang kecil jangan di dekatkan dengan darah hewan sembelihan.

Faedah malaksanakan aqiqah untuk bayi lelaki dan wanita

Tidak sekedar hanya jalankan perintah Allah SWT, beribadah aqiqah dapat memberi banyak faedah, salah satunya:

– terlindung dari masalah setan
-Sebagai wujud pendekatan diri pada Allah SWT dan bentuk rasa sukur atas rejeki yang diberi
-Sarana untuk merajut bersilahturahmi dengan keluarga
-Sebagai syafaat untuk ke-2  orang-tua saat pada hari akhir
-Sebagai fasilitas untuk share antara sama-sama
-Jadi itu tata langkah dan ketetapan aqiqah untuk bayi lelaki dan wanita. Mudah-mudahan keterangan ini bisa berguna untukmu yang ingin melakukan aqiqah untuk buah hatinya.

Info Lainnya kunjungi jasa layanan aqiqah terpercaya dan profesional

By Drajad