Saat ini pinjaman online sudah menyebar di masyarakat. Namun, hanya sebagian saja yang masuk dalam aplikasi pinjaman online OJK. Sisanya adalah aplikasi pinjaman online ilegal. Aplikasi-aplikasi tersebut nantinya akan menimbulkan kebingungan karena diminati dan melumpuhkan pelanggannya.

Inilah sebabnya mengapa Anda harus lebih berhati-hati saat memilih layanan fintech atau pinjaman online. Aplikasi pinjaman online yang terdaftar di OJK adalah solusi yang tepat untuk masalah keuangan Anda. Bunga pinjaman sangat rendah dan masih wajar. Keamanan data juga lebih terjamin, karena sudah terdaftar di OJK yang cukup untuk melindungi transaksi Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Meskipun ada banyak berita yang bias tentang pinjaman online, perlu dipahami bahwa ini tidak sepenuhnya berlaku. Dalam aplikasi pinjaman online OJK, tidak ada ancaman penagihan, dan bunga aplikasi tidak akan terlalu tinggi. Pasalnya, seluruh prosedur operasional pengajuan pinjaman online diawasi oleh OJK.

Di bawah ini adalah beberapa contoh aplikasi pinjaman online yang dapat Anda kembangkan solusinya.

  1. KREDIVO

Kredivo adalah salah satu dari ratusan aplikasi pinjaman online OJK terpercaya dengan bunga pinjaman yang sangat rendah. Kredivo telah beroperasi sejak tahun 2016 dan menyediakan layanan pembayaran cicilan yang tidak memerlukan kartu kredit dan uang tunai. Bunga pinjaman yang dikenakan cukup rendah, sekitar 2,6% per bulan.

Kredivo terdaftar di OJK atas nama perusahaan induk Finaccel. Dengan dukungan teknologi yang ada, Anda dapat menggunakan KTP Anda untuk mengajukan pinjaman online setelah mengunduh dan mendaftar di aplikasi. Anda akan membatasi data yang Anda berikan berdasarkan hasil verifikasi sistem.

  1. JULO

Aplikasi pinjaman online selanjutnya adalah Julo. Selain registrasi ke OJK dan bunga pinjaman rendah, Julo juga menawarkan tiga pilihan produk pinjaman. Pinjaman tersebut antara lain Julo Mini, Julo Cicil dan Julo Collat​eral. Untuk ketiga produk pinjaman yang berbeda, besaran bunga pinjaman yang diajukan juga berbeda.

Bunga Julo Mini 10%, bunga angsuran Julo 4%, dan Agunan Julo tidak termasuk bunga karena ada dokumen berharga sebagai jaminan pinjaman.

Untuk dapat mengajukan pinjaman di Julo, Anda harus berusia 21-60 tahun dan seorang pegawai swasta atau PNS dengan penghasilan bulanan minimal Rp 2 juta. Anda dapat mengajukan pinjaman di aplikasi atau melalui Tokopedia. Julo juga merupakan salah satu aplikasi pinjaman online OJK yang bergerak cepat, sehingga peminatnya banyak.

  1. Tunaiku

Ingin mendapatkan pinjaman dengan suku bunga rendah dan plafon pinjaman tinggi? Tunaiku siap tampil sebagai solusi. Seperti yang kita ketahui bersama, aplikasi pinjaman online OJK ini memberikan pinjaman hingga Rp 20 juta. Apa yang membuat Cash saya bangga dan membedakannya dari teknologi keuangan lainnya adalah keamanan dan fleksibilitasnya. Tunaiku sebenarnya merupakan produk Amar Bank yang telah beroperasi sejak tahun 1991. Ini aman dan dapat diandalkan.

Bahkan Tunaiku adalah aplikasi pinjaman online jangka panjang OJK. Anda dapat mengembalikan pinjaman hingga 20 bulan. Bunga yang dikenakan juga sangat rendah yaitu 50% per tahun atau 4% per bulan. Unduh dan instal aplikasi, isi formulir aplikasi pinjaman, dan dalam waktu 24 jam, pinjaman telah masuk ke akun Anda.

 

  1. Pinjaman Go

Aplikasi pinjaman online OJK berbunga rendah selanjutnya adalah Go Loans. Jangka waktu pinjaman yang ditawarkan adalah 14 hari dan 21 hari. Sementara itu, batas atas yang diberikan antara 1,2 juta hingga 6 juta rupiah. Besaran bunga yang diterapkan sama, yaitu 0,8% per hari atau sekitar 11% per bulan.

Dalam pinjaman 1,2 juta USD, Anda akan menerima 1.079.880 rupiah dalam pengeluaran. Anda harus mengembalikan pinjaman 1,2 juta rupiah dalam waktu 14 hari. Oleh karena itu, bunga pinjaman dibebankan atau dipotong dari pengeluaran di awal.

Perlu Anda ketahui bahwa KreditGo adalah perusahaan dari Sinar Mas yang mengumpulkan peminjam dan pemberi pinjaman di platform online dan menyediakan layanan keuangan yang dapat dinikmati semua pengguna.

  1. Uang Teman

Aplikasi ini juga direkomendasikan sebagai aplikasi pinjaman online OJK dengan likuiditas cepat. Selain itu, bunga pinjaman yang dikenakan masih relatif ringan, yaitu 0,8% per hari untuk produk pinjaman segera dan 0,6% per hari untuk produk pinjaman cicilan.

Perbedaan antara kedua produk pinjaman ini adalah jangka waktu dan plafon pinjaman. Untuk pinjaman harian, batas atas adalah Rp 1,5 juta hingga 3 juta, dengan jangka waktu 65 hari dan 70 hari. Sedangkan untuk produk pinjaman cicilan, limit atas adalah 3-10 juta rupiah, dan jangka waktu 3 bulan 6 bulan.

  1. Pinjam Yuk

Aplikasi pinjaman online lain yang menawarkan bunga rendah, proses cepat dan sederhana adalah Pinjam Yuk. Tersedia dua pilihan produk pinjaman yaitu pinjaman cepat dan pinjaman UMKM dengan suku bunga harian. Anda hanya perlu berusia minimal 18 tahun, memiliki penghasilan dan memiliki akun.

Proses pengajuan pinjaman dan proses verifikasi tidak lebih dari dua jam. Setelah aplikasi diterima atau diverifikasi, dana akan langsung masuk ke rekening Anda secara otomatis.

  1. Finmas

Aplikasi pinjaman online legal dan berbunga rendah selanjutnya adalah Finmas. Finmas menyediakan layanan pembayar dengan jangka waktu 30 hari dan tanpa bunga. Sedangkan plafon pinjaman 1,5 juta rupiah, jangka waktu 60-90 hari, dan tingkat bunga 0,31 per hari. Selain itu, Anda juga bisa melakukan transaksi cicilan tanpa kartu kredit.

Anda dapat mengajukan pinjaman melalui aplikasi Finmas atau Tokopedia. Pastikan Anda berusia minimal 18 tahun, memiliki penghasilan tetap, memiliki rekening pribadi, memiliki nomor ponsel tetap, dan merupakan warga negara Indonesia. Jika Anda lolos verifikasi, dana pinjaman akan dikeluarkan dan masuk ke rekening Anda dalam waktu 24 jam.