Alasan dan Tips Beli Mobil Bekas Secara Online – Ada banyak alternatif selain memiliki mobil untuk menunjang aktivitas sehari-hari dan mobilitas anggota keluarga. Salah satunya melihat pasar mobil bekas. Sebaiknya pertimbangkan harga mobil yang akan Anda beli, karena itu akan menjadi solusi terbaik Anda saat memiliki ide untuk membeli bekasnya saja. Namun nyatanya, membeli mobil bekas tentu tidak semudah membeli mobil baru.

Ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan, terutama memastikan tempat membeli mobil yang terpercaya dan juga memiliki berbagai alternatif pilihan kendaraan. Inilah perbedaan antara membeli kendaraan dari perorangan dan membelinya di showroom kendaraan bekas. Membeli dari perorangan terutama orang yang dikenal masih menjadi pilihan utama. Namun membeli secara online kini juga banyak dipilih. Ada beberapa alasan konsumen memilih Beli Mobil Bekas secara online, antara lain:

1. Kepercayaan

Penjual khususnya yang berbadan hukum tentunya ingin menjaga reputasinya agar konsumen dapat mempercayainya dalam jangka panjang. Jangan hanya menjual beberapa unit dan reputasinya rusak, akhirnya bisnis jual beli mobil bekas tidak berkelanjutan. Dengan pemikiran ini bahwa membeli kendaraan secara online memiliki keunggulan dalam hal kepercayaan. Perusahaan jual beli mobil bekas yang bereputasi pasti akan menangani hal ini. Dan ini tentunya menjadi salah satu pilihan konsumen.

2. Berbagai Pilihan

Tentunya marketplace jual beli kendaraan khususnya yang dikelola oleh perusahaan ternama memiliki berbagai pilihan jenis kendaraan dan harga yang bersaing. Hal ini memberikan kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan berbagai pilihan jenis dan harga kendaraan. Misalnya bagi konsumen yang menginginkan kendaraan dengan kisaran harga di atas Rp. 100 juta bisa coba lihat mobil bekas avanza. Sedangkan untuk pilihan kendaraan dengan range dibawah Harga Avanza Bekas Rp. 100 juta.

3. Kenyamanan

Faktor selanjutnya yang menjadi alasan mengapa Anda memilih mencari mobil bekas secara online dari perusahaan ternama salah satunya adalah faktor kenyamanan. Berbagai spesifikasi kendaraan bisa kita lihat secara detail melalui smartphone atau perangkat lainnya.

4. Berbagai Layanan

Selain itu, biasanya jual beli mobil bekas secara online juga menyediakan berbagai macam hal yang memudahkan untuk membeli kendaraan. Tidak semua jasa bisa melayani tukar tambah harga mobil.  Layanan tersebut tentunya menjadi nilai tambah untuk memilih membeli kendaraan bekas secara online di marketplace jual beli kendaraan.

Tips Beli Mobil Bekas Secara Online

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli mobil, terutama jika itu akan menjadi mobil pertama Anda. Ada banyak pilihan, saat Anda ingin membeli mobil bekas. Tentunya agar lebih nyaman digunakan adalah dengan membeli mobil baru yang bebas masalah dan tentunya dengan jaminan.

Agar tidak menyesal saat membeli mobil baru, diperlukan perencanaan yang matang, mulai dari menentukan jenis mobil yang akan dibawa ke bengkel, hingga cara pembiayaannya. Disini kami akan membahas mengenai beberapa tips membeli mobil bekas saat pertama kali.

Sesuaikan Kebutuhan Anda

Ada baiknya, saat membeli mobil baru pertama kali harus sesuai dengan kebutuhan. Misalnya Anda suka keluar kota dan berkeluarga, mobil baru yang cocok adalah MPV atau SUV yang sudah dikenal sebagai jenis mobil dengan kabin yang luas dan kapasitas yang banyak. Sedangkan bagi yang masih single atau keluarga kecil, jenis city car atau hatchback bisa menjadi pilihan.

Sesuaikan Anggaran

Setelah menemukan jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda, cari tahu harga mobil dan cara pembiayaannya. Jika harga mobil baru yang Anda inginkan berada di atas anggaran Anda, ada baiknya memikirkan kembali apa yang harus Anda lakukan, seperti mengubah opsi mobil atau mengubah metode pembayaran.

Untuk kredit mobil, biasanya besar uang muka yang harus dibayarkan adalah sekitar 20% dari harga mobil. Pastikan Anda tidak memaksakan diri agar tabungan dan cash flow bulanan Anda tidak berantakan.

Test Drive

Hal ini sangat penting bagi Anda yang ingin mengemudi kendaraan baru dengan keluarga Anda. Test drive juga akan membuat keputusan membeli mobil lebih meyakinkan. Selain itu, Anda dapat berkenalan dengan fitur-fitur baru yang mungkin tidak Anda pahami.

Harga Jual Kembali

Wajar jika sebagian orang memikirkan harga jual mobil yang akan dibeli, karena itu adalah sebuah pertimbangan baginya. Jika Anda salah satunya, pastikan mobil yang Anda beli memiliki harga yang murah. Oleh karena itu, mobil perlu dirawat secara rutin agar kualitasnya tidak menurun dan harga purna jualnya tetap tinggi.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang alasan dan tips Beli Mobil Bekas secara online, semoga bermanfaat.