Apakah Anda ingin merekam tampilan layar di smartphone Android Anda? Mengambil tangkapan layar Android itu mudah. Bahkan, produsen ponsel pintar kini telah menambahkan fitur ini ke antarmuka sistem operasi buatan mereka sendiri.

Beberapa vendor sebenarnya sudah menyertakan fungsi perekaman layar. Meski begitu, tidak semua vendor menyertakan fitur ini.

Lantas, bagaimana cara merekam layar smartphone Android? Untungnya, ada banyak aplikasi di Google Play store yang dapat memenuhi kebutuhan ini. Ini adalah daftar aplikasi terbaik untuk merekam layar Android, dikompilasi dari berbagai sumber.

  1. Buka aplikasi dan mulai rekam

Setelah mengunduh aplikasi yang dipilih, segera buka aplikasi. Biasanya ada tanda sama dengan orang yang mulai merekam dengan tegak. Tekan logo dan mulai aktivitas yang ingin Anda rekam di layar smartphone. Kemudian tekan ikon stop untuk berhenti merekam.

  1. Jangan lupa ‘Save’ hasil rekaman

Jika sudah berhenti merekam, ada beberapa aplikasi yang bisa langsung menyimpan rekaman. Namun, ada beberapa hal yang harus disimpan terlebih dahulu. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menekan simpan untuk menyimpan rekaman Anda.

Merekam layar HP Android Samsung

Jika Anda menggunakan ponsel Samsung, Anda tidak perlu menggunakan aplikasi lain untuk merekam layar. Ya, ponsel Samsung dengan antarmuka OneUI dilengkapi dengan fungsi perekaman layar!

Metode menggunakan fungsi perekaman layar sangat sederhana. Cukup geser layar dari atas ke bawah. Anda akan menemukan berbagai alat, temukan dan klik “Perekam Layar”.

Setelah itu ada beberapa pilihan yaitu “No Sound” untuk yang ingin merekam layar secara diam-diam, “Media Sound” untuk yang ingin merekam layar dengan suara ponsel, dan “Media sound” dan microphone” untuk yang ingin merekam layar dengan suara ponsel. Orang yang ingin merekam layar dengan suara. Suara dari ponsel plus mikrofon di ponsel (dapat digunakan sebagai dubbing).

Fitur ini lebih rumit karena Anda dapat menyertakan video selfie! Caranya, tinggal klik icon kamera depan (berbentuk seperti outline orang) dan akan muncul jendela kecil berisi gambar kamera depan! Setelah itu, video selfie akan tetap terekam di layar ponsel.

  1. DU Recorder

Ini adalah aplikasi perekaman layar Android gratis. Meskipun gratis, Anda tidak akan melihat iklan apa pun di aplikasi. Anda dapat dengan bebas mengatur resolusi, bit rate dan frame rate.

Fungsi perekaman lainnya termasuk pause/resume, facecam (menggunakan kamera depan), perekam audio eksternal, pelacakan klik, penghenti gemetar, pembuat GIF built-in, dan banyak lagi. DU Recorder juga menyediakan editor video dan gambar.

Hanya ada satu masalah, seseorang mengaku menemukan bug di aplikasi ini. Namun, ini seharusnya bukan masalah besar, toh gratis!

  1. Mobizen Screen Recorder

Ini adalah aplikasi perekaman Android andal lainnya. Aplikasi ini juga gratis, tetapi Anda akan melihat iklan setelah merekam layar. Jika Anda membayar untuk aplikasi ini, ada beberapa fitur yang bisa dibuka.

Perekam Layar Mobizen dapat merekam hingga kualitas 1080p pada 60 fps. Untuk pembuat video profesional, Mobizen juga menyediakan opsi untuk menambahkan musik latar, membuat perkenalan, dan mengakhiri video.

Ada juga editor video dengan fungsi dasar seperti trimming, splicing, memutar dan mempercepat video. Meskipun Mobizen menyertakan tanda air di setiap video yang Anda rekam, ada fitur “mode perekaman bersih” untuk merekam tanpa tanda air.

  1. AZ Screen Recorder

Ada versi gratis dari aplikasi ini yang menyediakan semua yang Anda butuhkan untuk merekam layar Android Anda. Mirip dengan dua aplikasi pertama, AZ dapat merekam layar berkualitas 1080p pada 60 fps. Anda juga dapat memilih resolusi yang diinginkan.

Anda juga dapat menggunakan mikrofon dan kamera wajah untuk merekam. Anda juga dapat mengatur durasi perekaman berhenti otomatis.

Meskipun versi gratisnya sangat bagus, fitur tambahan lainnya hanya tersedia di versi Pro, dan harganya sekitar $3.

  1. Google Play Games

Ya, Google Play Game juga bisa merekam layar Android. Anda telah menggunakan aplikasi ini untuk menyimpan kemajuan game Anda di cloud. Meski begitu, kemampuan merekam layar Android di Google Play Games tidak sebaik aplikasi yang didedikasikan untuk fitur ini.

Anda hanya dapat merekam video 720p, dan Anda hanya dapat merekam game. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu memulai permainan dan menggunakan widget untuk merekam layar.

  1. Super Screen Recorder

Bahkan, aplikasi ini bisa digunakan secara gratis. Namun, saat menggunakan versi gratis, Anda akan melihat berbagai iklan.

Anda juga dapat mengedit video rekaman Anda langsung dari aplikasi Super Screen Recorder. Anda dapat menambahkan musik, menggabungkan video dengan gambar, mengompres file, mengonversi video ke GIF, dan banyak lagi.

Jika Anda memutuskan untuk membeli aplikasi ini, iklan akan dihapus, memungkinkan Anda untuk melakukan dubbing, dan banyak fitur tambahan menarik lainnya.