Buah nanas mungkin tidak sepopuler buah-buahan pada umumnya seperti buah apel, buah jeruk, atau buah pisang. Namun demikian, buah nanas juga mempunyai manfaat kesehatan yang tidak kalah hebatnya dengan buah-buahan yang telah disebutkan tadi. Umumnya, buah nanas sering diolah menjadi aneka selai dan juga jus. Untuk mendapatkan manfaat yang sangat begitu optimal, anda juga bisa mengonsumsinya secara langsung dalam keadaan segar layaknya buah-buahan yang lain.

Manfaat buah nanas Bagi Kesehatan

 

Ada beberapa manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh, dan diantaranya adalah sebagai berikut :

 

Mencegah kembung

Dilansir dari laman Jasa Press Release Murah, Buah Nanas juga mempunyai kandungan bromelain, zat yang bisa membantu memecah makanan sehingga mampu mengurangi rasa kembung yang terjadi pada perut. Selain itu, zat ini juga dinilai efektif dalam mengurangi peradangan sesudah operasi, mengurangi rasa nyeri akibat penyakit osteoarthritis, dan membantu meredakan berbagai pembengkakan yang terjadi pada hidung akibat infeksi sinusitis.

 

Membantu mencegah kanker

Karsinogenik yang terkandung dalam buah nanas diketahui efektif dalam mengurangi terjadinya risiko penyakit kanker. Zat karsinogenik berperan dalam melindungi sel-sel sehat dalam tubuh dari kerusakan. Banyaknya sel-sel yang rusak di dalam tubuh bisa menyebabkan penuaan dini dan mendorong datangnya berbagai macam penyakit.

 

Membantu kesehatan tulang

Nanas mengandung mineral-mineral penting seperti kalsium dan mangan yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan memperkuat beberapa jaringan ikat. University of Maryland Medical Center mengatakan bahwa mangan juga berperan dalam metabolisme lemak dan juga karbohidrat, membantu untuk penyerapan kalsium, dan juga mengatur gula darah. Selain itu juga, mangan juga berperan sangat penting untuk menjaga fungsi saraf dan otak.

 

Mencegah penggumpalan darah

Buah yang rasanya asam-manis dan menyegarkan ini juga dapat mencegah terjadinya penyakit penggumpalan darah. Selain itu, buah nanas memiliki peran dalam memproduksi hemoglobin di dalam tubuh kita. Buah Nanas juga mengandung tembaga, di mana apabila tubuh kekurangan zat ini maka bisa menyebabkan penyakit anemia, penurunan kadar pada sel darah putih, masalah tiroid, dan osteoporosis.

 

Melawan radikal bebas

Nanas mengandung vitamin C yang begitu tinggi. World’s Healthiest Foods mencatat bahwa vitamin C adalah antioksidan berperan penting dalam membantu melindungi tubuh dari kerusakan karena radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu mengurangi risiko atheroclerosis, kanker usus besar, dan mengurangi peradangan pada penyakit sendi.

By cahyaa