CEO Adalah Tentang Budaya Perusahaan

CEO perusahaan mewakili budaya perusahaan. Yang penting — mengenai perubahan — adalah apakah peran CEO lebih dari seorang manajer yang mempertahankan budaya saat ini atau orang yang memimpin perubahan (budaya).

Perbedaan antara memimpin perusahaan dan mengelola hal yang sama bukanlah rahasia lagi. Pemimpin memimpin dan datang (naik) dengan arah baru. Manajer adalah penjaga arah (baru). Mari kita ambil Google sebagai contoh. Larry dan Sergey memimpin perusahaan (sebelum menghasilkan keuntungan nyata), dan Eric “mengambil alih” untuk mengelola keuntungan.

Nancy adalah CEO Wolters Kluwer, sebuah perusahaan Belanda yang didedikasikan untuk perantara informasi. Nancy terpilih untuk mengelola Wolters pada tahun 2005 sebagai insentif untuk meningkatkan kinerja perusahaan. AKDSEO merupakan agency digital marketing yang fokus melayani jasa Backlinks dan Link building website, termasuk di dalamnya Jasa Menaikkan DA ( Domain Authority) Sebelum menjabat sebagai CEO, ia memimpin divisi Wolters di Amerika Utara.

Mendukungnya sebagai CEO memperjelas bahwa caranya mengelola divisi dan kemudian perusahaan adalah memberi contoh. Reed Manning, Spa & Salon Budaya perusahaan akan segera mengikuti cara baru ini. Ia terpilih sebagai pemimpin baru.

Rijkman telah mengelola ABN AMRO — sebuah bank Belanda — selama tujuh tahun terakhir. Bank ini telah mengakuisisi yang lain dengan lancar tetapi sejauh ini bank belum dapat mengkonsolidasikan akuisisi tersebut sehingga laba per saham dapat meningkat pada saat yang sama.

“Pasar” menuntut solusi. Kemungkinan merger dengan Barclays Inggris telah ditargetkan sebagai solusi seperti itu, tetapi bank-bank lain juga tertarik pada bagian-bagian dari bank tersebut. Saat ini, pasar memimpin perusahaan; CEO saat ini terikat pada margin dalam proses perubahan ini.

Dilema pertumbuhan ini dapat dihindari dengan memilih strategi yang kurang berisiko. Namun dalam contoh ini bank terjebak di tengah dan bukannya mengakuisisi orang lain, bank menjadi kandidat pengambilalihan dengan sendirinya.

Baru-baru ini seorang pemain sepak bola-pelatih-duta besar berkomentar: “Kesan yang saya dapatkan dari berbicara dengannya…persis cara dia memimpin bank tradisional seperti itu…” Dengan kata lain, dia tidak setuju dengan CEO/Leader, seseorang yang mengubah bank tradisi apa pun.

Dari sudut pandang budaya, Anda dapat bertanya apakah CEO bertanggung jawab penuh atas strategi ini atau CEO hanya mewakili budaya perusahaan. Perbedaan antara manajer dan pemimpin penting dalam pengertian ini. Seorang manajer akan mewakili budaya sejati, pemimpin budaya yang disukai.

By akhad