Cara Mudah Untuk Membedakan Kayu Jati Yang Asli Dan Yang Palsu

Tidak semua furniture bertanda jati terbuat dari 100% jati. Untuk itu, Anda harus tahu dulu cara membedakan jati asli dan palsu. Furnitur jati berkualitas terbuat dari kayu jati asli yang kuat, berkualitas tinggi dan bahkan tua. Jati memang bahan alami terbaik di alam, diolah menjadi berbagai perabot rumah tangga. Kekuatan, keawetan, estetika dan daya adaptasi kayu membuatnya disukai banyak orang. Sayangnya, harga kayu jati cukup tinggi dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Oleh karena itu, banyak pengrajin kayu menggunakan kayu yang bentuknya mirip dengan kayu jati untuk mengatasi masalah harga kayu jati yang berlebihan.

Beberapa Cara Mudah Untuk Membedakan Kayu Jati Yang Asli Dan Yang Palsu

Dari segi kekuatan, furnitur berbahan kayu jati asli bisa bertahan hingga puluhan tahun. Saat melihat keindahan serat. Padahal, tidak ada kayu lain yang bisa mengalahkan keunikan dan keindahan kayu jati. Selain itu, mebel jati ini dinilai mudah perawatannya. Tidak diperlukan prosedur perawatan, terutama untuk menjaga daya tahannya. Inilah alasan mengapa banyak orang menyukai kayu jati untuk membuat segala macam furniture dan furniture. Namun cara mudah membedakan jati asli dan palsu. Tentu saja, Anda bisa membedakan antara jati asli dan bukan jati dengan memperhatikan artikel ini, seperti:

  • Cek permukaan kayu jati asli

Menurut sumber dari situs asjfurniture.co.id, Jati asli memiliki permukaan yang halus dan terlihat indah. Padahal, sangat berbeda dengan furnitur kayu lainnya. Bahkan jika ada sedikit proses penyortiran. Maka furniture jati sudah sangat menarik. Namun, ada juga pengrajin kayu yang bisa membuat finishing furnitur kayu mirip dengan kayu jati.

  • Lihat dari suaranya

Selain melihat permukaannya, kita juga perlu melihat kehalusan serat kayu. Anda bisa mencoba menyadap permukaan kayu yang terbuat dari kayu jati. Suara yang dihasilkan oleh kayu jati berkualitas tinggi memiliki dua bobot. Suara dari furnitur jati berkualitas tinggi berat dan dalam. Hal ini menunjukkan bahwa kayu jati yang digunakan sudah cukup tua dan tebal.

  • Harga yang ditawarkan

Semua orang menginginkan pintu kayu yang mahal namun berkualitas tinggi. Perlu anda ketahui bahwa harga kayu jati sendiri sangatlah mahal. Jadi jika Anda mendapatkan harga murah dari pintu jati. Maka Anda harus memeriksa kualitas kayu jati. Karena kayu jati pasti akan membayar dengan harga yang mahal. Anda harus memahami hal-hal seperti itu agar Anda tidak melakukan kesalahan.

Jadi ini adalah beberapa cara untuk membedakan jati berkualitas tinggi, bukan cara yang bisa Anda pelajari. Bahkan, saat ini kerjasama dengan pengrajin kayu semakin banyak. Padahal, Anda tentu sudah tahu bahwa pengrajin kayu berpengalaman dapat menyediakan kayu jati yang berkualitas dan asli kepada konsumennya. Ada banyak cara untuk membedakan jati asli dan palsu, semoga dapat membantu anda dalam memilih yang baik.