Honda Civic Hatchback

Berbeda dengan versi sedan, Civic hatchback memiliki dua pilihan varian.

Honda Civic pertama kali diperkenalkan dalam model sedan kecil, dan generasi pertama Honda Civic hatchback diperkenalkan pada tahun 1972.

Model sedan yang masih digunakan yakni L15B7 1.5 T berteknologi DOHC 4 silinder dan girboks CVT.

Tahun lalu, Honda meluncurkan Honda Civic baru yang menakjubkan. Tampilannya lebih mewah, dan memberikan nuansa berkendara responsif khas Honda. Namun dengan harga yang cukup tinggi, bagaimana rasanya mobil ini secara keseluruhan?

Sejarah

Awalnya diluncurkan sebagai mobil subkompak, sebagai akibat dari perubahan generasi menjadi lebih besar dan lebih mewah, Civic bergeser ke segmen kompak.

Sejauh ini, Honda Civic telah ada selama sepuluh generasi dan merupakan salah satu mobil Honda yang paling populer.

Pada tahun 1975, pembalap legendaris Aswin Bahar menggunakan Honda Civic versi dua pintu. Sejak tahun 1980-an, mobil dan hatchback telah dibawa ke Indonesia dengan berbagai nama. Dari Civic “Excellence”, “Miracle”, “Miracle Ironing”, hingga Civic Nouva yang sedang populer di tahun 90-an.

Saat ini, Honda Civic yang dijual ke Indonesia merupakan bagian dari generasi kesepuluh. Diluncurkan di negara asalnya pada 2016, berjuluk Civic FC, versi hatchback masuk ke Indonesia pada 2017.

Tahun lalu, PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan varian terbarunya yang menjadi varian paling mahal dari Civic Indonesia. Honda Civic Turbo dengan bodi sedan akan diluncurkan pada awal 2019.

Eksterior

PT HPM menghadirkan Honda Civic versi revisi, menyegarkan penampilannya melalui berbagai ubahan tampilan. Bersaing dengan model mobil kompak Indonesia, ubahan tampilannya lebih simpel namun tetap intens.

Dibandingkan dengan tampilan sporty sebelum facelift, perubahan ini terutama tercermin pada bumper depan yang lebih elegan. Desain lampu depan yang miring dilengkapi dengan teknologi LED dan LED DRL. Di bagian bawah terdapat fog lamp dengan aksen chrome.

Siluet seksi memberikan kesan elegan pada bagian samping. Tampilannya seperti sedan khas dengan atap belakang yang miring. Untuk menunjukkan rasa gerakan di samping, ada velg 17 inci yang sporty dengan dekorasi two-tone.

Eits, pertama-tama jangan salah paham dengan tampilan sporty dari velg yang diberikan. Karena desain vane yang disediakan memiliki beberapa hal yang menarik.

Di bagian belakang, ubahannya tidak sehebat bagian lainnya. Honda masih mempertahankan desain miring di bagian belakang. Dilengkapi dengan antena sirip hiu menambah suasana sporty pada atap belakang.

Sedikit ubahan pada bagian belakang adalah trim chrome yang membuat tampilan mobil ini semakin menarik. Lampu belakang melengkapi bilah lampu LED yang mengesankan.

Interior

Dibandingkan dengan tampilan yang telah mengalami beberapa kali perubahan, ruang kabin tampak “stabil”, tetap mempertahankan desain sebelum transformasi, dan tetap menawan. Perpaduan material soft-touch dan kulit menghadirkan ruang interior yang elegan.

Desain futuristik terlihat pada kabin dan panel instrumen yang berfungsi penuh. Meski tampilannya masih sama dengan versi sebelumnya. Yang berubah adalah warna jok kulit mobil, glove box berlampu dan penataan jok elektrik.

Namun hal itu tidak membuat kesan barunya luntur.

Roda kemudi yang digunakan sama dengan New Honda CR-V Turbo. Gunakan setir paling mewah yang disediakan oleh PT Honda Prospect Motor. Ada elemen warna tambahan pada speed dial, yang memberikan kesan mendalam.

Fungsi tambahan lainnya adalah paddle shifting, yang memberikan efek perpindahan yang natural dan menghadirkan sensasi berkendara layaknya mobil yang dilengkapi dengan transmisi manual. Fungsi ini dapat memberikan efek engine brake dan membantu proses deselerasi kendaraan.

Kenyamanan berkendara juga menyenangkan, dan postur duduk yang ergonomis.

Honda menyediakan remote control yang digunakan untuk membuka dan mengunci pintu serta menghidupkan AC secara otomatis. Civic Turbo juga memiliki kemudahan menggunakan sistem smart entry untuk membuka kunci pintu mobil. Anda hanya perlu menyentuh gagang pintu dan kunci akan segera terbuka.

Mengingat bodi belakang yang miring namun tidak terlalu ke bawah, bisa dipastikan jika dibandingkan dengan kompetitornya, kapasitas bagasi yang digunakan masih bisa diterima-bahkan terlihat besar. Karena itu, Anda dapat menyimpan banyak koper di bagasi.

Fitur Keselamatan

Honda Civic memiliki semua fitur keselamatan terbaik Honda. Misalnya, sistem pengereman ABS dan EBD akan mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak. Ditambah dengan fungsi pengereman aktif, pengereman yang lebih efektif dapat dicapai.

Saat berkendara di jalan raya, fungsi cruise control tambahan akan membantu Anda. Fungsi baru ini akan menekan electronic control unit (ECU) dan menjaga throttle valve tetap terbuka untuk menghasilkan kecepatan yang stabil pada kecepatan tertentu.

Ada juga sistem hill start assist untuk membantu Anda berkendara di jalan menanjak.

Honda Civic juga menggunakan sinyal berhenti darurat. Oleh karena itu, saat pengereman mendadak, lampu hazard akan berkedip sebentar untuk memperingatkan kendaraan di belakang dan mencegah terjadinya kecelakaan.

Sebagai perlindungan terakhir, struktur rangka G-CON dapat menyerap dan memandu energi benturan saat mobil tidak dapat menghindari tabrakan. Struktur ACE dapat melindungi penumpang jika terjadi tabrakan, dan balok benturan samping siap menyerap benturan samping.

Honda menyatakan bahwa Civic sudah melakukan proses crash test di fasilitas crash test Onda Real World di Tochigi, Jepang. Pengujian menyeluruh telah membuat mobil ini mendapat peringkat bintang 5 dari ASEAN NCAP.

Nah, bagi anda yang sudah memiliki mobil Honda Civic Hatchback versi terbaru, sangat penting sekali bagi anda untuk membelikan asuransi mobil untuk mobil Honda Civic Hatchback terbaru kesayangan anda.