Tips Memilih Komputer Rakitan

Saat ingin membeli perangkat komputer, membeli komputer baru biasanya selalu menjadi pilihan utama. Namun, membeli komputer baru tentu tidak murah. Apalagi jika Anda baru mengenal dunia komputer, tentunya Anda membutuhkan peralatan komputer terbaru karena dianggap berkualitas baik.

Meski begitu, jika kita memilih komponen komputer yang penting dengan bijak, Anda dapat menggunakan komputer rakitan, dan kualitasnya tidak kalah dengan komputer baru. Untuk mengetahui apa saja tips memilih merakit komputer, simak ulasan di bawah ini.

  1. Jenis Motherboard

Tips memilih komputer Perakitan pertama yang perlu Anda perhatikan adalah jenis motherboard yang akan Anda butuhkan nantinya. Ada banyak jenis motherboard di pasaran, jadi Anda perlu memperhatikan fitur yang diinginkan pengguna. Semakin banyak fitur yang disematkan pada motherboard, semakin mahal harganya. Oleh karena itu, bagian ini akan kembali ke anggaran yang Anda miliki.0020

  1. Jenis Processor

Jika sudah konfirmasi motherboard, sekarang kita akan pindah ke processor. Fungsi prosesor pada komputer memegang peranan penting sebagai pengatur berbagai komponen komputer. Anda dapat memilih antara dua prosesor yang tersedia saat ini, Intel dan AMD. Oleh karena itu, Anda perlu memilih prosesor ini sesuai dengan permintaan besar saat ini.

Selain memilih jenis prosesor yang akan digunakan, Anda juga perlu mempertimbangkan apakah ingin menggunakan prosesor lama atau prosesor baru. Meskipun ada masalah dengan kualitas barang bekas, bukan berarti semua barang bekas itu buruk. Anda perlu menyelidiki prosesor bekas tersebut terlebih dahulu, seperti apakah kualitas produknya masih bagus, apakah ada garansinya, lalu periksa kondisi fisiknya. Jika keadaan masih memungkinkan, dan waktu penggunaan sebelumnya kurang dari setahun, maka prosesor bekas bisa menjadi pilihan hemat anggaran Anda.

  1. Kapasitas RAM

Kapasitas RAM juga menentukan apakah komputer yang Anda gunakan dapat berjalan dengan lancar. Untuk kapasitas RAM saat ini, minimal 2GB. Jika kurang dari 1GB, jangan harap komputer Anda bisa menjalankan berbagai program dengan lancar. Namun jika ingin lebih aman, minimal beli yang berkapasitas 4GB dan gunakan tipe DDR3 atau DDR4.

Sama seperti poin sebelumnya, ada yang menggunakan versi lama dan ada juga yang menggunakan versi baru. Jika Anda ingin menggunakan versi bekas, pastikan kualitas produk masih utuh dan bebas dari cacat.

  1. Perangkat penyimpanan

Bagian lain yang sama pentingnya adalah perangkat keras penyimpanan data. Saat ini, ada dua jenis penyimpanan yang dapat dipilih, yaitu hard drive dan SSD. Jika Anda umumnya lebih suka menggunakan hard drive, pertimbangkan kapasitas yang diperlukan. Untuk keperluan normal, Anda harus menggunakan 500GB.

Namun, jika Anda memilih SSD, harap pertimbangkan kelebihan dan kekurangan SSD sebelum menggunakannya. Umumnya SSD sangat cocok untuk menyimpan berbagai sistem operasi komputer. Sayangnya dari segi harga lebih mahal dari hardisk biasa. Lebih baik lagi jika Anda meneliti tips memilih hard drive internal sebelum membuat keputusan.

  1. Jenis VGA Card

Fungsi dari VGA Card adalah untuk mempermudah program-program yang berhubungan dengan komputer grafis. Namun, jika Anda memerlukan komputer untuk tujuan bermain game atau menjalankan program desain grafis, situasinya berbeda. Gunakan mobil VGA kualitas terbaik.

Untuk mengetahui apakah kartu VGA yang dibutuhkan bagus, perhatikan jenis kartu VGA yang dibutuhkan, seperti kecepatan inti, memori VGA, atau kecepatan clock memori yang digunakan. Semakin tinggi angka yang tertera, semakin bagus VGA cardnya. Namun tentunya berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan.

  1. Power Supply

Bagian terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah catu daya. Fungsi dari power supply adalah untuk memberikan daya pada komponen-komponen komputer. Jika daya yang diterima tidak sesuai atau bahkan tidak mencukupi, kerusakan komponen dapat terjadi.

Oleh karena itu, pastikan untuk memilih catu daya yang sesuai dengan konsumsi daya semua komponen. Sebaiknya gunakan catu daya dengan daya yang cukup tinggi sehingga setiap komponen tidak akan kekurangan daya. Anda juga dapat mempelajari keterampilan memilih catu daya untuk lebih meningkatkan pengetahuan Anda.

Sumber : lenovoku.com