Bicara mengenai kain batik memiliki arti membahas mengenai Indonesia, tapi tahukah Anda jika tiap propinsi di Indonesia mempunyai corak batik yang unik? Kain batik Bali ialah produk Bali populer yang sudah mengundang perhatian pencinta dan fans model Bali dari penjuru dunia, karena detil, warna, dan narasi yang mengagumkan yang dikisahkan dibalik alurnya. Batik Bali pertama kalinya mendapatkan rekam jejak di kelompok masyarakat dari negara lain di tahun 1970-an, saat industri pariwisata di Bali mulai tumbuh. Semenjak itu, batik makin populer dan jadi barang favorite untuk dibeli ke kelompok pelancong.

Produk Batik Bali dan Keelokan Uniknya

Sama dengan produk kain yang lain, batik Bali sebetulnya benar-benar serbaguna dan bisa diganti jadi gaun, rok, baju, dan banyak. Tetapi, produk terkenal Bali ini unik karena tidak ada skema yang sama. Batik Bali mempunyai macam warna dan skema yang demikian kaya, dan banyak pendesain lokal bahkan juga memiliki inisiatif untuk membuat beragam skema yang lebih kontemporer berdasar skema tradisionil untuk memberinya semakin banyak opsi ke pencinta batik.

Batik Bali mempunyai keunikan, khususnya batik catat yang populer (dibikin tanpa mesin bikin). Berikut sejumlah keunikan batik Bali yang unik dan cantik:

Warna ceria dan kontras. Batik Bali sering mempunyai beberapa warna ceria seperti merah, hijau dan emas, dan hitam dan putih. Ini membuat tiap potongan kain kelihatan benar-benar cantik.

Skema yang kaya. Banyak pola batik Bali yang mempunyai macam pola kotak-kotak yang unik, tetapi ada pula pola ‘umum’ yang lain seperti bunga dan daun, dan pola yang diambil dari mitologi Bali.

Kain berkualitas tinggi. Produk batik Bali (khususnya yang dibikin dengan tangan dan langkah menggambar manual) mempunyai bahan yang baik berbahan mori yang berat (semacam kain yang dibuat dari katun), yang tidak gampang sobek atau koyak.

Wewangian yang unik. Batik Bali bikinan tangan dilukis memakai bahan warna alami khusus, yang memberinya wewangian herbal dan alami pada kain batik catat asli.

Kualitas khusus ini membuat batik catat asli Bali jadi produk yang paling diimpikan dan mahal; Bila Anda beli sepotong kain tradisionil dari pembikin batik lokal, tidak boleh bingung bila harga lumayan mahal, seperti pada atas dua juta Rupiah per potong. Ini karena batik catat memerlukan pengabdian sepanjang beberapa minggu bahkan juga beberapa bulan untuk membuat. Dan ini yang membuat batik asli demikian terbatas. Tetapi, ada pula opsi produk batik yang bernilai lebih murah; mereka umumnya dibuat dari batik cap, tetapi sama elok.

Kenapa Anda Perlu Mempunyai Batik Bali

Batik Bali ialah kreasi yang mengagumkan dalam kekuatannya; Anda bisa beli kain untuk membikin gaun atau baju yang cantik. Bila Anda seorang pendesain, Anda bisa memakai ini untuk sumber ide untuk koleksi Anda. Untuk mereka yang cenderung pilih batik bikin yang tambah murah, ada banyak sekali elastisitas dalam memakai kain batik Bali. Anda bisa menggantinya jadi beragam hal seperti gaun musim panas, rok, tas, hiasan sepatu, dompet dan banyak. Macam produk Bali yang lain, sarung Bali, jadi favorite. Sarung ini enteng, sepoi-sepoi, dan mempunyai beragam warna dan skema.

Pulau Bali memang mempunyai beberapa hal yang disuguhi untuk beberapa pengunjung. Sama seperti yang telah dikenali nyaris di semua Dunia, selainnya batik ada beberapa produk dekor Bali (Bali dekor) dan peralatan rumah Bali (Bali homewares) yang disukai banyak konsumen dari Indonesia di luar negeri.

By gstnm