Ada banyak hal yang harus dipersiapkan jauh-jauh sebelum hari h pernikahan. Salah satunya adalah isian seserahan yang akan diserahkan ke calon pengantin perempuan nanti. Tak perlu bingung, karena ada kurang lebih 11 Perhiasan Berlian Mewah yang kekinian dan bisa kamu persiapkan dari sekarang.

Catat, Jangan Sampai Ketinggalan! Ini Dia 11 Isian Seserahan Kekinian

Tapi sebelum membahas apa saja isi seserahan untuk pernikahan itu, sudahkah kamu apa itu seserahan? Lalu, apakah seserahan itu wajib?

Pengertian Seserahan

Seserahan pernikahan adalah hadiah yang diberikan oleh pihak pria untuk calon mempelai wanita. Bukan sekedar hadiah biasa, barang-barang yang secara khusus diperuntukkan bagi sang wanita ini menjadi bentuk tanggung jawab bahwa sang pria memiliki tanggung jawab yang serius untuk calon pengantinnya.

Sedangkan dari hukumnya, seserahan itu tidak wajib. Hanya saja, isian seserahan tersebut sudah mengakar dalam tradisi pernikahan di negara kita ini. Jadi, bagaimana? Sudah mempersiapkan isian hantaran untuk calon pengantin wanita apa belum?

Daftar 11 Isian Seserahan Kekinian Yang Tak Boleh Ketinggalan

Sebetulnya, paket seserahan itu sendiri berlaku beda di setiap daerah. Misalkan saja seserahan nikah adat sunda yang sedikit berbeda dengan adat jawa maupun adat-adat lainnya. Namun umumnya, berikut 11 daftar isi seserahan pernikahan yang bisa kamu siapkan:

  1. Perlengkapan ibadah
  2. Cincin nikah couple bisa juga yang tidak
  3. Alat make up atau skin care
  4. Pakaian casual/kerja/pesta
  5. Pakaian dalam
  6. Perlengkapan mandi
  7. Tas
  8. Alas kaki (sepatu, sandal, selop)
  9. Makanan tradisional
  10. Buah-buahan
  11. Perhiasan Berlian Mewah.

Deretan seserahan pernikahan sederhana tersebut sebaiknya dipersiapkan bersama dengan sang wanita. Sebab barang-barang tersebut ditujukan untuknya. Jadi usahakan sesuai dengannya. Tidak harus mahal dan itu juga bukan ajang untuk memamerkan barang-barang pemberian pasangan ke orang lain ya!

Perhiasan Berlian Mewah juga harus disesuaikan dengan finansial pihak pria. Oleh karenanya, sebaiknya calon mempelai pria juga menyiapkan dana sendiri untuk membeli perlengkapan khusus tersebut. Untuk berapa besar nilai rupiahnya sangat relatif, sebab tiap-tiap barang yang ada memiliki harga yang bervarian juga.

Set perhiasan dan cincin kawin termasuk isian seserahan yang nilai cukup tinggi. Bisa dibilang yang paling besar di antaranya barang lainnya. Pasalnya, harga logam mulia seperti emas putih maupun emas kuning harganya tidak murah. Meski begitu, jangan sampai tertipu dengan buru-buru beli emas murah tanpa tahu kualitasnya ya!

Sebagai rekomendasi, kamu bisa beli cincin nikah maupun set perhiasan lainnya. Di sini tersedia berbagai pilihan isian seserahan, seperti cincin, kalung, anting dan gelang dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Kamu pun bisa melengkapi Perhiasan Berlian Mewah khususnya perhiasan emas kualitas unggul hanya di sini.