Tanda-Tanda Hamil yang Penting untuk Dikenali

Kehamilan menjadi salah satu kondisi yang akan menimbulkan banyak perubahan pada tubuh. Semua perubahan yang mungkin terjadi pasti akan dikenali oleh tubuh. Tanda tanda hamil ini bisa saja berbeda pada masing-masing perempuan. Ada yang dirasa mengganggu dan ada pula yang dianggap biasa saja. Tergantung bagaimana kondisi tubuh dalam merespon keberadaan janin yang berkembang di rahim.

Tanda Hamil

Mengenali tanda kehamilan ini sangat penting agar Anda bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin. Semakin awal kondisi kehamilan dikenali maka akan semakin mudah menjaga kesehatan ibu dan janin. Berikut adalah 5 tanda kehamilan yang sangat penting untuk dikenali sejak dini.

1. Terlambat Menstruasi

Tanda pertama yang paling mudah dikenali saat tubuh hamil adalah waktu menstruasi terlambat. Ini menjadi tanda bahwa telah terjadi pembuahan sehingga tidak ada proses peluruhan dinding rahim. Oleh sebab itu, penting sekali untuk mengenali siklus menstruasi sendiri. Saat terjadi keterlambatan datang bulan maka bisa dilakukan tes kehamilan menggunakan test pack.

2. Muncul Flek

Pada awal terjadinya kehamilan, seringkali akan muncul flek atau pendarahan ringan. Flek ini sama seperti yang terjadi di masa awal sebelum menstruasi. Flek biasanya menjadi tanda bahwa telah terjadi pembuahan sel telur yang sudah berlangsung selama 6 hingga 12 hari. Namun flek ini bisa saja tidak terjadi pada sebagian perempuan.

3. Payudara Terasa Sakit

Salah satu tanda tanda hamil yang juga mudah dikenali adalah payudara terasa sakit dan lebih berat. Sebenarnya tidak hanya perubahan tersebut yang akan terjadi di payudara. Saat hamil, payudara juga akan berubah warna khususnya di area sekitar puting yang berubah menjadi lebih gelap. Hal ini sama seperti gejala menstruasi namun rasa nyerinya lebih terasa.

4. Mudah Lelah

Stamina tubuh juga bisa terpengaruh ketika hamil. Biasanya perempuan yang hamil akan mudah merasa lelah. Ini merupakan efek alami yang muncul karena tubuh menggunakan banyak energi untuk mempersiapkan kehamilan. Selain itu kadar hormon progesteron saat hamil juga meningkat yang memicu kelelahan dan rasa kantuk berlebih.

5. Mual dan Muntah

Ini merupakan tanda kehamilan yang paling sering dialami oleh sebagian besar kaum perempuan. Mual dan muntah ini seringkali dikenal dengan nama morning sickness karena umum dialami di waktu pagi. Kondisi ini merupakan reaksi dari adanya janin yang ada di dalam rahim. Biasanya mual dan muntah ini mulai dirasakan ketika di waktu 4-6 minggu usia kehamilan.

Itulah 5 tanda tanda hamil yang penting untuk diketahui. Apabila Anda sedang menjalani program hamil saat ini, maka penting sekali untuk memahami semua tanda tersebut. Persiapkan kehamilan sebaik mungkin dengan mengenali gejalanya sejak dini. Segera periksakan kondisi kandungan ke dokter untuk memastikan janin berkembang dengan sehat.

By hary