Apa Itu Programming

Untuk memahami apa itu programming, mari kita bahas dari kata dasarnya terlebih dahulu, yaitu program. Program adalah sebuah urutan logika dengan input dan output tertentu atau dengan kata lain sebuah kumpulan perintah supaya komputer dalam melakukan fungsinya sesuai keinginan pengguna dan secara opimal.

Lalu, apa itu programming?

Pengertian Programming

Programming merupakan sebuah proses menyusun program yang dilakukan di komputer. Dalam praktiknya, programming juga merupakan sebuah kegiatan menulis dan menguji (bahasa pemrograman) agar dapat menjadi program dan menghasilkan sesuatu yang diinginkan.

Beberapa program yang bisa dibuat antara lain software, aplikasi, websiter, dan sebagainya. Dalam programming ada beberapa tahap, yaitu menulis, pengujian, revisi, dan evaluasi. Tahapan revisi dan evaluasi bisa dilakukan berkali-kali hingga didapat program yang sesuai dengan kebutuhan.

Tahapan dalam Programming

  1. Tahap Menulis

Dikutip dari majapahit.id, tulisan yang ditulis ketika membuat program tentu berbeda dengan tulisan biasa. Tulisan ini berupa kode-kode yang dibuat agar dapat dimengerti oleh sistem komputer, sehingga dapat melaksanakan perintah tertentu. Oleh karena itu bagi programmer, mengerti bahasa pemrograman adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki.

Saat ini sudah banyak bahasa pemrograman yang lebih sederhana dan memudahkan bahasa pemrograman terdahulu. Hal ni berfungsi untuk membuat pproses pembuatan aplikasi lebih cepat dan efisien.

Beberapa bahasa pemrograman yang sering dipakai antara lain JavaScript, Phyton, Java, dan PHP. Bahasa pemrograman tersebut memang terkenal dan menjadi andalan para programmer untuk membuat dan mengembangkan software maupun aplikasi.

  1. Pengujian

Dalam tahap pengujian, software atau aplikasi yang sudah selesai akan diuji dari sisi pengguna. Hal ini agar dapat menemukan kekurangan sistem, bug, dan lain-lain. Pengujian ini dilakukan agar aplikasi atau software yang dirilis sudah dalam kondisi bebas masalah dan tentunya mudah digunakan dari sisi pengguna atau user experience.

  1. Revisi

Jika ada kekurangan atau masih banyak bug, maka bahasa pemrograman harus direvisi. Mencari letak kesalahan kemudian memperbaikinya sampai ditemukan formula yang tepat dan sesuai dengan tujuan pembuatan aplikasi.

  1. Evaluasi

Tahap evaluasi dilakukan sebelum dan sesudah perilisan aplikasi dilakukan. Tujuannya untuk melihat real user experience yang akan didapat melalui review, kemudian dilakukan update aplikasi. Hal ini untuk menunjang kemudahan dan kenyamanan pengguna.

Kesimpulan

Baiklah, cukup sampai sini saja pembahasan kita kali ini mengenai hal seputar programming yang wajib banget untuk kamu ketahui.

Kami harap, artikel tentang programming yang kami tulis ini bisa bermanfaat bagi kamu-kamu semua para pembaca artikel ini.