Uncategorized

Ciri-Ciri Buah Kelapa Sawit yang Siap Panen

Summary

Ada beberapa ciri-ciri buah kelapa sawit yang siap panen yang harus Anda pahami. Selainnya kesuburan pohon dan ciri-ciri fisik tanaman kelapa sawit yang sehat, ada unsur yang lain penting dipahami dari beberapa ciri fisiknya. Ya, bentuk buah-buah kelapa sawit yang […]

Ada beberapa ciri-ciri buah kelapa sawit yang siap panen yang harus Anda pahami. Selainnya kesuburan pohon dan ciri-ciri fisik tanaman kelapa sawit yang sehat, ada unsur yang lain penting dipahami dari beberapa ciri fisiknya.

Ya, bentuk buah-buah kelapa sawit yang siap panen. Tidak seluruhnya brondol atau buah kelapa sawit dapat dengan asal-asalan diambil dan semua siap panen. Ada banyak ciri-ciri yang penting dipahami tentu supaya tidak keliru dalam memetik.

Sebelum membaca lebih lanjut, kami sarankan juga membaca beberapa informasi menarik tentang Pabrik Kelapa Sawit untuk mengenal lebih jauh bagaimana proses produksi kelapa sawit.

Ciri-Ciri Buah Kelapa Sawit yang Siap Panen

Lantas buah-buah apakah yang sebetulnya cocok dan pantas untuk diolah ke tahapan seterusnya?

Buah-buah sawit yang bagus ialah buah sawit di tingkat fraksi dua (2), dengan beberapa ciri:

1. Ada 5-10 brondolan di piringan

Lihat piringannya dengan cermat. Apabila sudah ada brondolan yang seperti disebut itu karena itu kemungkinan siap diambil. Bila banyaknya kurang dari standard yang telah ada, karena itu kemungkinan brondolan itu tidak siap diambil.

2. Buah-buah berbeda warna dari warna kuning jadi oranye

Sudah diketahui buah alami peralihan warna sesuai tingkat kematangannya. Nah, di sini Anda harus betul-betul memperhatikan warna yang ada di atasnya. Tidak boleh menuai yang berwarna belum gelap atau masih terbilang muda. Bila anda menuai saat sebelum waktunya, jadi tidak akan hasilkan kualitas produk yang bagus di nantinya.

3. Sekitar 25-75% buah luar membrondol.

Ciri-ciri pada point ketiga ini penting jadi perhatian. Bila belum ada pembrondolan dalam persenan yang sudah disebut, memiliki arti buah yang anda panen belum pasti siap untuk petik.

Panen yang baik pada satu (1) afdeling ialah sekitar 15% brondol dari berat tandan, buah-buah tingkat fraksi 1 sekitar 20% dari jumlahnya tandan, buah tingkat fraksi 2 dan 3 sekitar 65 dari jumlahnya tandan, dan buah tingkat fraksi 4 dan 5 sekitar 15% dari jumlahnya tandan. Lihat persenan yang disebut ini.

Nominal ini harus betul-betul dituruti karena bila tidak karena itu Anda tidak memperoleh hasil terbaik.

Beberapa poin di atas ialah sisi paling penting yang perlu jadi perhatian saat sebelum tahapan pemanenan. Bila Anda tidak ikuti beberapa poin itu kemungkinan anda alami kekeliruan dalam periode panen.

Itulah beberapa beberapa ciri-ciri buah kelapa sawit yang siap panen yang harus di pelajari dan pahami sebelum memanen kelapa sawit.