Uncategorized

Apa itu Pengelasan Stud? Detail Tentang Proses Pengelasan Stud

Summary

Apa itu Pengelasan Stud? Meskipun banyak orang percaya bahwa hanya ada satu aplikasi pengelasan dasar, sebenarnya ada banyak aplikasi berbeda yang terlibat dengan pengelasan. Salah satu bidang ini adalah proses pengelasan stud, di mana baut atau mur yang dibentuk dilas […]

Apa itu Pengelasan Stud?
Meskipun banyak orang percaya bahwa hanya ada satu aplikasi pengelasan dasar, sebenarnya ada banyak aplikasi berbeda yang terlibat dengan pengelasan. Salah satu bidang ini adalah proses pengelasan stud, di mana baut atau mur yang dibentuk dilas ke potongan logam lain. Proses ini mungkin termasuk menggunakan peralatan las stud untuk secara otomatis memasukkan baut ke tukang las titik.

Pengelasan stud, atau pengelasan stud busur, melibatkan penyambungan stud ke pelat datar dengan menggunakan stud sebagai elektroda. Polaritas yang dipilih untuk aplikasi pengelasan stud tertentu akan tergantung pada jenis logam yang digunakan. Misalnya, aluminium biasanya membutuhkan elektroda arus searah positif, atau DCEP; sedangkan baja menuntut elektroda arus searah negatif, atau DCEN.

Mur las yang digunakan dalam pengelasan stud (atau busur) biasanya memiliki flens dengan beberapa jenis inti kecil yang meleleh tukang las Jogja selama proses untuk membentuk las. Bagian mur las yang berleher ke bawah dan tidak berulir juga membantu membentuk las yang diinginkan. Aspek lain dari jenis aplikasi pengelasan ini adalah penggunaan fluks, yang disebut ferrule. Ferrule adalah cincin keramik yang memusatkan panas yang dihasilkan, mencegah oksidasi dan menahan logam yang meleleh di zona las yang diinginkan.

Salah satu jenis tertentu dari proses pengelasan stud disebut las kapasitor-discharge, yang berbeda dari las stud tradisional karena tidak memerlukan fluks. Prosesnya menggunakan busur arus searah dari kapasitor, dan waktu pengelasan hanya antara 1 dan 6 milidetik. Karena waktu pengelasan lebih pendek dalam pengelasan kapasitor-discharge, tukang las dapat menyelesaikan ikatan dengan sedikit oksidasi dan tidak memerlukan konsentrasi panas yang sebenarnya.

Apa itu Weld Stud?
Sistem pengelasan stud menggunakan kancing las sebagai bagian dari aplikasi yang efisien ini. Stud ini berdiameter antara 14 gauge hingga 3/8″, dapat berkisar dari 1/4″ hingga 5″ atau lebih panjangnya, dan dilepaskan dari kapasitor. Ujung las dari stud memiliki dua tujuan:

oWaktu. Ujungnya berfungsi sebagai alat pengatur waktu yang menjauhkan stud dari bahan dasar yang sedang dilas.

o Disintegrasi. Ujung ujung las hancur setelah pelatuk ditarik pada pistol las, melelehkan dan mengeraskan lasan ke bahan dasar.

Apa itu Arc Stud?
Stud busur biasanya diisi dengan bola fluks aluminium di ujung las, yang membantu mempromosikan proses pengelasan. Stud unik ini merupakan bagian integral dari peralatan pengelasan stud, dan dapat berkisar dari stud berdiameter #8 hingga 1 1/4″.