Lifestyle

Bukan Sepak Bola !! Olahraga Favorit di Jepang

Summary

Jepang tak pernah berasumsi remeh soal olahraga. Kabarnya, Negeri Sakura ini mempunyai program jangka panjang untuk menjadikan wilayahnya sebagai negara olahraga. Jadi, tak tidak benar seumpama orang-orang di sana terhitung menggemari sebagian jenis olahraga. Apa saja sekitar olahraga favorit orang […]

Jepang tak pernah berasumsi remeh soal olahraga. Kabarnya, Negeri Sakura ini mempunyai program jangka panjang untuk menjadikan wilayahnya sebagai negara olahraga. Jadi, tak tidak benar seumpama orang-orang di sana terhitung menggemari sebagian jenis olahraga. Apa saja sekitar olahraga favorit orang Jepangatau yang sadang menjalakan program magang di Jepang? Berikut ulasannya.

1. Sumo
Sumo merupakan olahraga asli Jepang yang udah dilestarikan selama berabad-abad. Olahraga ini pertama kali diadakan oleh Kuil Shinto sebagai langkah untuk melebur dosa. Seiring berjalannya waktu, sumo kelanjutannya menjadi olahraga paling kondang di Jepang.

Uniknya, bukan mereka yang mempunyai otot kekar yang menjadi peserta sumo, melainkan orang-orang yang mempunyai badan gemuk. Di sana sumo dianggap sebagai olahraga elite di mana sang juara dapat meraih gelar “Yokozuna”.
Saat permainan berlangsung, dua peserta di dalamnya dapat saling mendorong sampai ke luar ring atau menjatuhkan lawan ke tanah. Dua kejadian inilah yang menjadi penanda berakhirnya sesi pertandingan. Untuk sanggup saksikan pertandingan sumo secara langsung, anda mesti siap merogoh kocek agak mahal.

2. Judo
Selain sumo, Jepang terhitung mempunyai cabang olahraga bela diri lainnya yakni judo. Olahraga ini merupakan pengembangan dari jiu jitsu yang mengombinasikan kekuatan dan tehnik agar sanggup menumbangkan lawan. Bukan hanya berguna untuk melatih kekuatan, judo ternyata sanggup mengajarkan para pemainnya berkenaan nilai kerja keras serta bagaimana mengatasi ketakutan. Kabarnya, judo menjadi tidak benar satu mata pelajaran untuk murid SMP di Jepang, lho.

3. Tinju
Bukan hanya orang Indonesia saja yang suka memandang pertandingan tinju, orang-orang Jepang pun menyukainya. Olahraga bela diri ini masuk ke di dalam budaya Jepang lewat pelaut-pelaut Amerika. Pada tahun 1921 berdiri area berlatih tinju pertama di Jepang yang bernama Nippon Kento.

Pendiri Nippon Kento yakni Yujiro Watanabe merupakan orang Jepang pertama yang studi tinju di luar negeri. Orang-orang menyebutnya sebagai founding father tinju Jepang.
Sejak pas itu, federasi tinju menjadi bermunculan layaknya Japan Pro Boxing Association (JPBA) yang menjadi federasi tinju pertama yang membuat ketentuan olahraga tinju di Jepang.

4. Baseball
Olahraga favorit orang Jepang yang selanjutnya adalah baseball. Saking populernya, baseball kerap menjadi lelucon bahwa permainan memukul bola ini merupakan olahraga nasional Jepang. Bahkan banyak murid di sekolah-sekolah Jepang yang menggemari baseball sampai bermimpi menjadi pemain baseball profesional suatu hari nanti.

Baseball pertama kali masuk ke Jepang terhadap jaman Restorasi Meiji atau sekitar tahun 1872. Sedangkan terhadap tahun 1932, Jepang secara resmi membentuk liga profesional baseball pertamanya. Oh iya, jenis permainan baseball di Jepang sedikit tidak sama dari baseball Amerika, lho. Ukuran bola dan strike zone baseball di Jepang terbilang lebih kecil dari baseball Amerika.

5. Tenis
Sama halnya dengan baseball, tenis pertama kali masuk ke kultur olahraga Jepang pas Restorasi Meiji. Bagi masyarakat Jepang, tenis menjadi olahraga yang istimewa gara-gara terhadap tahun 1920 tenis berhasil membawa Jepang capai medali olimpiade pertama lewat Olimpiade Antwerp di Belgia.

Melalui Asosiasi Tenis Jepang (JTA), sejak tahun 2012 Jepang menggerakkan 3 visi utamanya tentang olahraga tenis, yakni mempromosikan tenis, pembenahan federasi, dan mengembangkan lingkungan serta infrastruktur untuk kompetisi tenis.