Uncategorized

Cara Mengelola Keuangan Pribadi

Summary

Beberapa orang mulai melakukan penganggaran atau membuat anggaran, sayangnya mengelola keuangan pribadi tidak hanya sebatas itu. Masih cukup banyak tahapan yang harus Anda lalui, salah satunya saat membuat anggaran. Untuk itu, agar Anda tidak melewatkan beberapa langkah penting dalam mengelola […]

Beberapa orang mulai melakukan penganggaran atau membuat anggaran, sayangnya mengelola keuangan pribadi tidak hanya sebatas itu. Masih cukup banyak tahapan yang harus Anda lalui, salah satunya saat membuat anggaran. Untuk itu, agar Anda tidak melewatkan beberapa langkah penting dalam mengelola keuangan pribadi. Berikut adalah tujuh langkah tentang cara Mengelola Keuangan Pribadi Anda dengan benar.

Bagaimana Cara Mengelola Keuangan Pribadi?

Pahami Situasi Keuangan Anda Saat Ini

Anda harus tahu di mana Anda berada, untuk dapat bergerak maju dan ini adalah hukum alam. Oleh karena itu, sebelum mulai mengelola keuangan pribadi, ketahui dulu posisi dan kondisi keuangan Anda. Mulailah melakukan pencarian menyeluruh atas uang Anda. Lacak dan catat arus kas, pendapatan, tabungan, investasi, dan banyak lagi. Langkah paling dasar untuk memahami situasi keuangan Anda saat ini adalah dengan duduk dan mencatat semua pendapatan dan pengeluaran rutin bulanan Anda.

Tetapkan Prioritas dan Tujuan Keuangan Anda

Setelah mengetahui situasi keuangan Anda, menentukan apa yang menjadi prioritas dan bukan prioritas dalam hidup Anda menjadi penting. Terkadang seseorang menetapkan liburan bersama keluarga sebagai prioritas. Ada juga orang yang menjadikan belanja perabot rumah tangga sebagai prioritas.

Buat dan Pertahankan Anggaran yang Direncanakan

Penganggaran adalah tahap ketiga dari pengelolaan keuangan pribadi. Jadi ingat, bahwa penganggaran hanyalah salah satu bagian dari perencanaan keuangan. Masalahnya, membuat rencana anggaran yang menggambarkan bagaimana pendapatan akan dibelanjakan dalam waktu tertentu, bagi sebagian orang tidaklah mudah.

Orang mungkin tidak memiliki disiplin diri untuk membatasi pembelian impulsif, atau mereka mungkin merasa terlalu terkekang karena harus merencanakan pengeluaran mereka sebelumnya. Demikian ulasan tentang Cara Mengelola Keuangan Pribadi semoga bermanfaat.

Sumber: Litetekno

Baca juga :Alight Motion Pro: Aplikasi Edit Video Terbaik