Parenting

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Lansia Malas Makan?

Summary

Seiring bertambahnya umur lansia akan mengalami penurunan kinerja organ tubuh. Penurunan kinerja tubuh sendiri dikarenakan banyak sel dalam organ lansia yang berkurang seiring berjalannya waktu dan adanya perubahan hormonal pada lansia itu sendiri karena faktor usia. Perubahan ini mampu mempengaruhi […]

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Lansia Malas Makan?

Seiring bertambahnya umur lansia akan mengalami penurunan kinerja organ tubuh. Penurunan kinerja tubuh sendiri dikarenakan banyak sel dalam organ lansia yang berkurang seiring berjalannya waktu dan adanya perubahan hormonal pada lansia itu sendiri karena faktor usia. Perubahan ini mampu mempengaruhi kinerja tubuh, termasuk nafsu makan.Jadi tidak heran jika lansia cenderung untuk memiliki nafsu makan yang rendah.

Nafsu makan lansia yang rendah terkadang menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan yang serius untuk lansia. Tubuh lansia yang sudah tidak mampu bekerja optimal akan dibantu kinerjanya oleh ragam nutrisi yang dikonsumsi lansia tersebut. Seperti contohnya tulang lansia yang rawan rapuh, menjadi lebih kuat bila mengkonsumsi nutrisi yang cukup. Sehingga penting untuk memastikan lansia tetap mengkonsumsi nutrisi secara teratur.

Apa yang harus dilakukan jika lansia sendiri cenderung untuk malas makan? Bila lansia cenderung untuk malas makan, berikut ini merupakan tips menangani lansia yang malas untuk makan :

  1. Memberikan vitamin

Nafsu makan sendiri dipengaruhi oleh vitamin B kompleks. Ada baiknya saat lansia mengalami masalah nafsu makan, anda membawanya memeriksakan diri. Mengajarkan dan mendapatkan resep vitamin yang sesuai dengan kebutuhan lansia sangat disarankan. Sebab, dengan begitu vitamin yang dikonsumsi tepat sasaran. Namun, anda bisa juga memberikan multivitamin untuk kesehatan yang sesuai dengan lansia dan tidak mempengaruhi kondisinya.

  1. Memberikan susu untuk lansia yang susah makan

Susu menjadi alternatif bahan makanan yang dikonsumsi ketika malas makan. Baik untuk anak – anak, orang dewasa dan juga untuk lansia. Pemberian susu untuk lansia yang susah makan harus tepat saji. Dimana anda bisa memberikan susu untuk lansia yang susah makan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi lansia. Anda bisa memiliki susu untuk lansia yang susah makan yang kaya akan whey protein, vitamin dan mineral. Whey protein merupakan jenis protein yang mudah dicerna sehingga bisa mendukung pembentukan massa otot dan antibodi dengan baik.

  1. Memberikan menu makanan yang menggugah selera

Lansia cenderung untuk susah makan. Ada baiknya anda memberikan menu makanan sehat namun lezat dan aman dikonsumsi lansia. Beberapa menu makanan yang direkomendasikan diberikan adalah sup ayam, sup labu, salad sayur, mashed potato and grilled chicken, smoothies bowl, hingga oatmeal. Anda bisa menyisipkan menu kesukaan lansia dan masih aman dikonsumsi dalam menu makan mingguan mereka. Dengan begitu lansia akan nafsu makan dan menantikan menu spesialnya.

  1. Memberikan suasana baru untuk lansia   

Lansia cenderung untuk memiliki pikirannya sendiri. Rasa bosan karena tidak bisa melakukan apapun, menjadi salah satu alasan lansia untuk memiliki nafsu makan yang rendah. Anda bisa mengajaknya untuk makan ditempat lain yang menyenangkan maupun mengajak lansia menemui teman sebayanya untuk meninggalkan stress dan berbagai pemikirannya.