Tips trik

3 Resep-resep Olahan Labu Siam

Summary

Biasanya untuk makanan sehat yang bisa dikonsumsi adalah sayuran. Salah satu sayuran yang bisa kamu konsumsi sehari-hari adalah labu siam. Labu Siam umumnya memiliki dua ukuran, yaitu kecil dan besar. Labu dengan ukuran yang kecil paling enak disajikan sebagai lalapan. […]

Resep Membuat Sayur Bening Labu Siam, Menu Sehat yang Mudah Dibuat 

Biasanya untuk makanan sehat yang bisa dikonsumsi adalah sayuran. Salah satu sayuran yang bisa kamu konsumsi sehari-hari adalah labu siam. Labu Siam umumnya memiliki dua ukuran, yaitu kecil dan besar. Labu dengan ukuran yang kecil paling enak disajikan sebagai lalapan. Untuk rasanya sendiri agak sedikit manis. Labu siam kecil juga sangat enak dimakan dengan sambal terasi atau sambal bawang pedas. Untuk memasak labu siam dengan ukuran besar, kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai menu, seperti sayuran yang memakai kuah atau dijadikan tumis labu siam. Kalau kamu tertarik untuk mengolah labu siam ini, berikut di bawah beberapa resep olahan labu siam.

  1. Kuah Labu Siam Laksa

Kamu harus menyiapkan bahan-bahannya, yaitu 2 buah labu siam berukuran sedang, 1 bungkus laksa berukuran sedang, 2 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, garam, dan lada.

Setelah semua bahan terkumpul, kamu tinggal memasaknya, pertama kupas labu siam dan bersihkan dagingnya dari getah dan lendir. Kemudian potong berbentuk dadu dengan ukuran dan cuci labu siam sampai bersih. Kemudian rendam laksa dengan air hangat sampai lembut, sambil direndam haluskan bumbu. Lalu haluskan bawang putih dan bawang merah untuk ditumis dengan garam dan lada sampai harum. Kemudian masukkan labu siam dan tumis selama 1 menit. Tambahkan air sampai labu siam sepenuhnya terendam. Lalu masukkan laksa yang sudah ditiris dan tunggu sampai mendidih. Tambahkan air secukupnya sampai laksa dan labu siam terendam sepenuhnya. Kuah labu siam laksa sudah jadi.

  1. Sayur Lodeh

Untuk memasak sayur lodeh siapkan bahan 1 buah labu siam dipotong seukuran korek api, 1/2 papan tempe dipotong dadu, 10 batang kacang panjang, 3 butir telur rebus, sereh, lengkuas, daun salam, 1 buah santan kara, gula, garam, kaldu bubuk, 1 liter air, 4 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 butir kemiri, 1 ruas kunyit, dan 1/2 sdt ketumbar.

Jika bahan semua sudah ada, cara memasaknya yaitu rebus labu siam dan kacang panjang sampai matang. Lalu tumis bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, dan ketumbar yang dihaluskan sampai harum. Masukkan sereh, salam, lengkuas, dan tempe, aduk hingga merata. Kemudian tuang bumbu yang telah ditumis ke dalam rebusan labu siam. Masukkan garam, gula, kaldu, dan santan secukupnya. Sayur lodeh pun jadi.

  1. Oseng Labu Siam

Bahan-bahannya, yaitu 400 gram labu siam diiris, 1 sdt garam, 100 gram tempe dipotong dadu, minyak, 4 siung bawang putih diiris, 8 butir bawang merah diiris, 3 buah cabai merah keriting diiris, 3 buah cabai hijau keriting diiris, 1 cm lengkuas, 2 lembar daun salam, 1 buah tomat diiris, 25 gram daun melinjo muda, 10 buah mata petai, ½ sdt garam, 1 sdt gula pasir, dan 50 ml air.

Cara memasaknya, pertama lumuri labu siam dengan garam, lalu remas-remas hingga labu layu dan cuci bersih. Lalu panaskan minyak goreng dalam wajan, goreng tempe sebentar hingga berwarna kekuningan. Selanjutnya panaskan kembali 3 sdm minyak goreng dalam wajan, lalu tumis bawang putih dan bawang merah. Masukkan cabai, lengkuas, dan daun salam, dan tumis. Tambahkan tomat dan diaduk. Kemudian, masukkan labu iris, daun melinjo, tempe goreng, dan petai. Tambahkan garam, gula, dan air. Lalu diaduk sampai matang.