Parenting

Caritahu Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan Lebih Jauh Lagi

Summary

Bayi anda sudah berusia 2 bulan? Maka anda tidak perlu heran apabila bayi anda suda mulai menunjukkan perkembangan cukup pesat dibandingkan dengan usia sebelumnya. Tidak hanya itu saja, mereka pun ternyata mulai sering memberikan respon ketika diajak obrolan. Tentu saja […]

Caritahu Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan Lebih Jauh Lagi

Bayi anda sudah berusia 2 bulan? Maka anda tidak perlu heran apabila bayi anda suda mulai menunjukkan perkembangan cukup pesat dibandingkan dengan usia sebelumnya. Tidak hanya itu saja, mereka pun ternyata mulai sering memberikan respon ketika diajak obrolan. Tentu saja melihat perkembangan bayi usia 2 bulan cukup menggemaskan bukan?

Pasti orangtua tidak ingin melewatkan apa saja yang dilakukan oleh si kecil setiap harinya bukan? Bayi usia 2 bulan inipun ternyata juga sudah menunjukkan adanya kebiasaan maupun perilaku yang berbeda ketika masih usia 1 bulan.

Perkembangan bayi usia 2 bulan

Untuk mengetahui bagaimana tumbuh kembang dari si kecil, maka memperhatikan bagaimanakah perkembangan dari buah hati memang menjadi hal cukup penting. Untuk melakukan stimulasi dengan mudah terhadap perkembangannya, berikut ini beberapa perkembangan bayi usia 2 bulan yang wajib diketahui oleh para orangtua

  1. Perkembangan fisik

Bayi berusia 2 bulan ternyata sudah menunjukkan beberapa perkembangan fisik dimana ia sudah tidak mungil dan rapuh seperti baru lahir. Anda akan melihat tubuh mereka yang semakin montok dan berisi terutama bisa ditemukan pada bagian paham, pipi maupun lengan atas. Momen ini tentu membuat para orangtua merasa gemas bukan.

Berat badan mereka juga akan naik sekitar 2-4 kg dari berat lahirnya. Sedangkan untuk panjangnya dapat bertambah sekitar 2,5-5 cm. Untuk memaksimalkan perkembangan fisiknya, maka orang tua dapat memberikan pijatan buat menstimulasi perkembangan fisik mereka.

Tidak hanya dengan pijatan, para orangtua juga harus memberikan nutrisi yang cukup dari ASI sebagai sumber makanan utama mereka. Jangan lupa buat menjaga kesehatan kulit si kecil juga.

  1. Perkembangan motorik

Pada perkembangan motoriknya, bayi usia 2 bulan ternyata sudah semakin banyak bergerak mengingat tubuhnya yang semakin kuat. Tidak hanya dapat mengangkat kepala maupun menoleh, mereka pun juga dapat melakukan gerakan terarah menggunakan tangannya.

Mereka juga sudah mulai memiringkan tubuh mereka ketika berada diatas kasur. Sebaiknya, para orangtua harus senantiasa mengawasi mereka dan jangan sampai membiarkan mereka sendirian.

  1. Perkembangan kognitif

Perkembangan bayi usia 2 bulan yang berikutnya adalah perkembangan kognitif mereka dimana bayi usia 2 bulan ini sudah mulai bisa tersenyum dan mampu mengenali wajah-wajah orang disekitarnya.

Mereka ternyata juga sudah mulai mengajak mengobrol. Jadi jangan heran apabila si kecil mulai menunjukkan upaya buat melakukan interaksi dengan ibu. Ketika si kecil tersenyum, jangan lupa juga buat menanggapi senyuman tersebut karena cara ini akan memberikan pengaruh pada kemampuan sosialnya.

Mengetahui bagaimanakah perkembangan bayi memang sangat penting untuk dilakukan. Ketika terjadi masalah, sebaiknya orangtua tidak perlu panik dan bisa melakukan konsultasi dengan dokter bayi. Demikian beberapa perkembangan bayi usia 2 bulan yang wajib diketahui.