Kesehatan

Beberapa Gejala Kolesterol Naik yang Bisa Dirasakan Tubuh

Summary

Umumnya, untuk mengetahui kadar kolesterol di dalam tubuh, seseorang akan melakukan cek darah. Langkah ini memang sangat efektif guna mengetahui detail kadar kolesterol dan kondisi tubuh lainnya. Namun, tanpa disadari, sebenarnya tubuh juga memiliki mekanisme tersendiri untuk menunjukkan gejala kolesterol […]

Beberapa Gejala Kolesterol Naik yang Bisa Dirasakan Tubuh

Umumnya, untuk mengetahui kadar kolesterol di dalam tubuh, seseorang akan melakukan cek darah. Langkah ini memang sangat efektif guna mengetahui detail kadar kolesterol dan kondisi tubuh lainnya. Namun, tanpa disadari, sebenarnya tubuh juga memiliki mekanisme tersendiri untuk menunjukkan gejala kolesterol naik yang bisa dipahami.

Tentu saja, adanya peringatan dari tubuh secara alami ini bisa dijadikan pengingat untuk segera melakukan langkah-langkah yang bisa menurunkan kolesterol jahat secara cepat dan tepat. Sebagaimana diketahui, kolesterol jahat atau LDL adalah biang dari gangguan tubuh, termasuk stroke dan gangguan jantung yang bisa menyebabkan kematian.

Lantas, apa saja gejala kadar kolesterol meningkat di dalam darah yang ditunjukkan secara alami oleh tubuh? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Gejala Kolesterol Naik Untuk Diwaspadai

Ada beberapa hal yang dimunculkan tubuh secara alami sebagai penanda bahwa kadar kolesterol di dalam tubuh cenderung naik. Adapun beberapa gejala tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sakit pada kaki

Salah satu gejala yang muncul ketika kadar kolesterol di dalam tubuh naik adalah rasa sakit yang muncul pada bagian kaki. Umumnya, rasa sakit pada kaki disebabkan oleh gangguan arteri perifer.

Untuk diketahui, kondisi ini terjadi ketika dinding arteri di dalam tubuh tersumbat oleh plaque yang diakibatkan menumpuknya kolesterol jahat yang tidak bisa terurai. Jika Anda mengalami kondisi seperti di atas, bisa jadi hal tersebut adalah alarm bahwa kolesterol di dalam tubuh cenderung meningkat dan melebihi kadar normal.

  • Benjolan di bagian tubuh

Kolesterol yang meningkat di dalam tubuh jika tidak teratasi maka akan menyebabkan munculnya benjolan di bagian tubuh. Benjolan atau sering disebut dengan istilah xanthoma ini akan muncul di beberapa bagian, seperti kaki, tangan, persendian dan lainnya.

Umumnya, seseorang dengan gen atau bawaan kolesterol yang tinggi dari keturunan cenderung cukup rentan terkena gangguan ini. Namun, dalam studi terbaru, seseorang dengan kolesterol yang terus meningkat juga rentan terkena xanthoma.

Memang, xanthoma yang muncul tidak akan disertai dengan rasa sakit sebagaimana benjolan yang berbahaya. Hanya saja, benjolan ini juga bisa menimbulkan rasa gatal dan dibarengi dengan peradangan.

  • Sakit di bagian dada

Gejala lain yang muncul sebagai tanda adanya peningkatan kadar kolesterol di dalam tubuh adalah sakit di bagian dada. Rasa sakit pada dada ini umumnya muncul dikarenakan adanya hambatan pada saluran arteri. Tentu saja, penyebab dari penyumbatan ini adalah kolesterol yang tidak terurai.

Nah, jika arteri tersumbat, maka aliran darah menuju jantung akan terhambat. Juga, oksigen di dalam darah akan berkurang. Oleh karenanya, dada akan menjadi sesak dan napas akan cenderung lebih berat.

Beberapa gejala kolesterol naik di atas tentu harus diwaspadai. Jika Anda menemukan gejala tersebut, maka segera lakukan tindakan penanganan sebelum lebih parah.